Faktor yang Bisa Membuat Gugur Pembeli Lelang KPK

Kompas.com - 23/09/2017, 11:02 WIB
Mobil sitaan KPK hasil tindak pidana korupsi terlihat di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/9/2017). Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) melelang sebanyak 22 barang sitaan milik terpidana korupsi. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGMobil sitaan KPK hasil tindak pidana korupsi terlihat di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/9/2017). Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) melelang sebanyak 22 barang sitaan milik terpidana korupsi.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Secara keseluruhan terdapat 20 unit kendaraan sitaan Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) yang dilelang Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta III, di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat (22/9/2017) siang.

Hanya Jaguar XJL yang tidak terjual dari 19 unit mobil milik beberapa koruptor di Indonesia. Mobil mewah itu dianggap punya harga dasar cukup tinggi, yaitu mencapai Rp 1 miliar.

Merek dan model lain laku dengan harga di bawah pasaran mobil bekas. Bahkan, lelang tersebut berhasil mencatat total transaksi Rp 3,3 miliar, dan uang tersebut diserahkan kepada negara.

Masyarakat yang berhasil membeli mobil tersebut, diberikan waktu lima hari dari pertama lelang untuk melunasi pembayaran . Menurut Suharjono, Direktur Utama PT Balai Lelang Star, jika lewat batas maka uang tidak bisa kembali atau dianggap gugur dan mobil bisa dilelang ulang di lain kesempatan.

Calon peserta lelang saat mengikuti lelang mobil sitaan KPK hasil tindak pidana korupsi di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/9/2017). Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) melelang sebanyak 22 barang sitaan milik terpidana korupsi.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Calon peserta lelang saat mengikuti lelang mobil sitaan KPK hasil tindak pidana korupsi di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/9/2017). Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) melelang sebanyak 22 barang sitaan milik terpidana korupsi.
Baca juga: Lelang Mobil Koruptor Ludes dalam 90 Menit

"Jadi semua persyaratan harus dilengkapi, termasuk pembayaran," ucap Suharjono di JCC, Jakarta Pusat, Jumat (22/9/2017).

Suharjono melanjutkan, setelah mengurus semua persyaratan maka mobil tersebut sudah bisa dibawa pulang. Proses pelunasan dan lain sebagainya dilakukan sesuai tempat dimana mobil itu disimpan, seperti di kantor KPK atau di Rumah Penyitaan Sitaan Negara (Rupbasan).

"Nanti kita juga akan memberikan risalah lelang, sehingga para pembeli bisa mudah mengurus surat-surat kepada pihak kepolisian. Semuanya kita berikan surat itu, jadi silahkan diurus semuanya," ujar dia.

Uang Dikembalikan

Jumlah peserta lelang kurang lebih mencapai 900 orang dari berbagai wilayah. Calon peserta yang gagal membeli, uang jaminan yang sudah dibayarkan melalui bank akan dikembalikan ke rekening masing-masing.

"Jadi tidak ada potongan sedikitpun, kita kembalikan utuh. Prosesnya sama seperti lelang pada umumnya," ucap Suharjono.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X