Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xpander dari Nissan, Beda Konsep Seperti Avanza-Xenia

Kompas.com - 28/08/2017, 07:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Penguasa segmen LMPV Toyota Avanza dan kembarannya Xenia milik Daihatsu, mulai mendapat perlawanan cukup mengejutkan dari pendatang baru Xpander. Mobil multi guna bawah Mitsubishi ini tampak baik pada saat “start-nya”.

Belum selesai, dalam beberapa waktu lagi akan digempur juga oleh Nissan, yang bakal ikut bermain di segmen panas tersebut. Sebagai sebuah aliansi, LMPV Nissan akan dipasok dari pabrik Mitsubishi, seperti Avanza dan diproduksi oleh Daihatsu.

Namun, Budi Nur Mukmin, GM Strategi Pemasaran dan Perencanaan Produk Nissan Motor Indonesia mengatakan, kolaborasi proyek LMPV bersama Mitsubishi tidak seperti Avanza-Xenia. Nissan, akan menghadirkan model yang berbeda dengan Xpander.

“Iya jauh (dari konsep Avanza-Xenia). Namun, perberdaannya seperti apa saya belum bisa memberikannya secara spesifik,” ujar Budi, Jumat (25/8/2017).

“Kalau coba merefleksikan dari produk-produk aliansi yang pernah dibuat oleh Nissan, akan tampak kalau kami tidak pernah membuat produk yang sama (kembaran), pasti akan ada diferensiasinya,” kata Budi.

Budi menambahkan, kalau Nissan dan Mitsubishi memiliki design direction yang jauh berbeda. Ini yang mendasarinya, kalau hasil kolaborasi LMPV-nya akan jauh dari kesan “sebelas-duabelas” seperti Avanza-Xenia.

“Jadi saya pikir akan sangat besar kemungkinan ada diferensiasi,” ucap Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com