Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prototipe “Xpander” Versi Nissan Sudah Matang

Kompas.com - 26/08/2017, 19:14 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Aliansi yang sudah terbentuk antara Nissan dan Mitsubishi nampaknya bakal melahirkan proyek-proyek mengejutkan, bukan hanya di tingkat global tapi juga di dalam negeri. Salah satu yang paling ditunggu adalah kelahiran Xpander versi Nissan.

Konsep berbagi platform sudah bukan hal yang tabu lagi di industri otomotif, mengingat saat ini pabrikan mulai meeduksi biaya belanja untuk mengalokasi dana pada kegiatan research and development (R&D).

Pihak Nissan Motor Indonesia (NMI) menyebutkan kalau pihaknya sudah sangat matang menyelesaiakan calon LMPV miliknya, yang berbagi platform dengan Xpander nantinya. Ini bisa saja jadi indikasi kalau kehadirannya juga tidak begitu lama lagi.

“Masih dalam studi dan gambarannya tentu sudah ada. Saya pikir juga persiapannya sudah sangat matang,” ujar Budi Nur Mukmin, GM Strategi Pemasaran dan Perencanaan Produk NMI ketika ditanyakan soal prototipenya, Jumat (25/8/2017).

Budi menambahkan, kalau pihaknya juga sudah mengeskalasi komunikasi kepada pihak Mitsubishi Indonesia soal poduksi. Kabar sebelumnya menyebutkan, kalau LMPV Nissan juga akan diproduksi di pabrik Mitsubishi.

“Pembicaraan juga sudah sangat advance dengan pihak mitsubishi di Indonesia,” tutur Budi.

Memang terbukti, pasar mobil multi guna bawah atau low multi purpose vehicle (LMPV) di Indonesia masih menjanjikan. Walaupun sempat digoda oleh tumbuhnya SUV tapi, beberapa merek masih belum terangsang bermain di segmen ini.

Pemain baru semakin bermunculan di LMPV, mulai dari Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero S, dan mobil konsep Daihatsu saja arahnya ke LMPV.  Ditambah lagi Nissan yang juga akan menelurkan model di segmen ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com