Menhub Beri Tiga Bulan Taksi "Online" untuk Uji Kir

Kompas.com - 07/08/2017, 13:01 WIB
Ilustrasi taksi online Ilustrasi taksi online
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, memberikan tenggat tiga bulan bagi taksi online yang belum melakukan uji berkala kendaraan (KIR). Hal ini wajib dilakukan untuk memberikan keselamatan bagi masyarakat pengguna angkutan sewa khusus, serta menyusul penerapan regulasi taksi online yang sudah dijalankan.

Menurut Menhub, uji kir menjadi salah satu dasar yang wajib dipatuhi semua penyelenggara taksi online. Bila nanti kedapatan ada angkutan sewa khusus yang belum melakukan uji kelayakan, Menhub tidak akan mengizinkan pihak penyelenggaraan untuk mengoperasikan taksi online tersebut.

Baca : MPV murah Mitsubishi Siap Goda Taksi "Online"

"Uji kir itu dasar keselamatan untuk masyarakat. Tidak mungkin kita membiarkan mereka mengoperasikan kendaraan tanpa memperhatikan keselamatan," kata Menhub yang dilansir dari Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, Minggu (6/8/2017).

Selebihnya Menhub mengatakan bahwa pengujian kir di Jakarta tidak hanya dapat dilakukan melalui balai uji milik pemerintah, tapi juga di bengkel milik Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) yang secara resemi sudah ditunjuk Kemenhub.

Baca : Menhub Resmikan Sistem Digital buat Taksi "Online"

Fasilitas uji kir Hinodok. HAM Fasilitas uji kir Hino

"Di Jakarta ada di Pemda, operator ada Hiba, perkumpulan pemegang merek, dan operator dari taksi sudah melakukan sendiri. Jadi, tidak ada alasan bagi angkutan umum atau taksi online tidak melakukan uji kir," ujar Menhub.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan untuk taksi online yang beredar di daerah, Menhub memastikan akan mengirim surat ke seluruh Dinas Perhubungan daerah untuk memanfaatkan fasilitas pada bengkel swasta. "Kita akan bekerja sama melakukan uji kir dengan memanfaatkan fungsi swasta yang ada didaerah," kata Menhub.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.