Fin Komodo Pikir Panjang Lahirkan Pesaing “Wintor”

Kompas.com - 01/08/2017, 09:01 WIB
Fin Komodo KD 250 dibuat khusus jadi kendaraan pemadam kebakaran. Febri Ardani/KompasOtomotifFin Komodo KD 250 dibuat khusus jadi kendaraan pemadam kebakaran.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Lahirnya kendaraan komersial kecil (pengangkut) 400cc Wintor, membuka segmen baru industri otomotif  dalam negeri. Jumlah produksi per tahun yang ditargetkan PT Velasto Indonesia anak usaha PT Astra Otoparts dari Grup Astra, sampai 3.000 unit, mencerminkan angka kebutuhan pasar, yang tentunya cukup menggiurkan.

Meski begitu, salah satu perusahan mobil nasional Fin Komodo, masih berpikir panjang untuk ikut bermain di segmen pengangkut tersebut. Walaupun, merek yang sudah eksis sejak 2008 lalu ini, punya kemampuan dalam membangun kendaraan roda empat untuk medan off-road bermesin 250cc.

“Soal mengeluarkan kendaran pengangkut seperti Wintor, kami coba lihat pasarnya terlebih dahulu. Sebenarnya mobil kami juga memiliki kemampuan angkut sampai 250kg, tapi memang tidak di desain khusus seperti Wintor, dengan bak di bagian belakang,” ujar Direktur Pemasaran Fin Komodo Dewa Yuniardi kepada KompasOtomotif, Senin (31/7/2017).

Dewa menambahkan, harus ada biaya investasi untuk riset dan pengembangan, ketika ingin mengeluarkan model baru. Jadi sungguh sayang, ketika uang yang keluar besar, tapi ternyata pasarnya kecil.

“Jadi kami akan pantau laku berapa, dan apakah keuntungannya cukup untuk menutup pengeluaran riset dan pengembangan, serta pembangunan fasilitas produksi baru,” ucap Dewa.

Sejak kemunculannya 2008 lalu, Fin Komodo memang menyasar daerah terpencil dengan infrastruktur jalan yang kurang memadai, bahkan untuk kendaraan di dalam hutan dan pekebunan. Jadi tidak sulit sebenarnya dari sisi kemampuan desain dan teknlogi, untuk membuat pesaing Wintor.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X