Kompas.com - 05/07/2017, 20:21 WIB
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

California, KompasOtomotif - Setelah diperkenalkan pada Maret 2016 lalu, akhirnya Tesla Model 3 masuk masa produksi massal. Mobil listrik yang akan menjadi model termurah Tesla ini diklaim lebih cepat dua minggu dari jadwal produksi yang sebelumnya sudah ditentukan.

"Setelah melewati semua persyaratan dan peraturan, akhirnya produksi Model 3 bisa lebih cepat dua minggu dari jadwal," ucap CEO Tesla Motors Elon Musk, dalam akun sosialnya yang dikutip Autoevolution.

Produksi awal Model 3 yang saat ini sedang berjalan akan diberi nama dengan SN1 (Serial Number 1). Diharapkan pada Jumat pekan ini, produksinya sudah siap dan keluar dari jalur produksi, sehingga pada 28 Juli 2017 nanti konsumen pertama sudah bisa menikmatinya.

Baca : Toyota "Nyerah" dengan Tesla

Sebagai  model entry level, Tesla Model 3 dipasarkan sebesar 35.000 dolar. Bila dicarikan ke dalam rupiah, jumlahnya setara dengan Rp 460 jutaaan.

Untuk tahap awal, Tesla mengklaim hanya akan memproduksinya dengan jumlah terbatas. Namun unitnya akan terus ditingkatkan mengimbangi permintaan, sehingga pada akhir tahun nanti diharapkan sudah bisa memproduksi 20.000 unit dalam satu bulan.

Tesla Model 3

"Tesla Model 3 akan diproduksi sebanyak 100 unit pada Agustus, dan akan berkembang lebih dari 1.500 unit pada September mendatang. Sepertinya kami akan mencapai produksi 20.000 unit per bulan pada Desember nanti," ucap Musk.

Meski baru masuk jalur produksi, sudah dipesan sekitar 500.000 konsumen. Bicara soal kemampuan, dalam kondisi baterai penuh mobil ini mampu melaju sejauh 346 kilometer, dan berakselerasi dari titik diam hingga 100 km dalam waktu tidak kurang dari empat detik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.