Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW Ciptakan Teknologi Interaksi Antar Mobil

Kompas.com - 01/07/2017, 11:01 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Wolfburg, KompasOtomotif - Selain teknologi kemudahan dalam berkenda, beberapa produsen mobil juga berlomba untuk melahirkan fitur keselamatan. Salah satu yang paling baru adalah konektivitas nirkabel pWLAN milik Volkswagen.

Dilansir dari Paultan, fitur pWLAN berfungsi sebagai saluran komunikasi antara satu mobil dengan lainnya, atau dengan transportasi umum. Secara independen pWLAN akan berbagi informasi dengan kendaraan lain mengenai kondisi lalu lintas.

Baca : Tampang Makin Sporty VW Polo Terbaru

Hal meliputi kemacetan, kecelakaan lalu lintas, kantor polisi terdekat, petugas medis, atau hal lain yang berhubugan langsung dengan kondisi yang dilaluinya. Jarak pengiriman informasi atau bentuk komunikasi bisa dilakukan selama kendaraan satu dengan lainnya tidak lebih dari 500 meter.

"Kami ingin meningkatkan keselamatan di jalan dengan jaringan kendaraan. Cara paling efektif dan efisien adalah dengan meluncurkan teknologi yang sudah umum digunakan, yang terpenting teknologi ini diterapkan secara konsisten dan dipasang oleh banyak produsen," ucap Head of Vehicle Body Development VW Johannes Neft.

www.vwfs.com.au VW mengahadapi tuduhan serius di Australia.

VW berencana untuk mulai menerapkan teknologi ini pada 2019 mendatang. Dalam proses sosialisasinya, VW ikut menggandeng beberapa merek mobil, kepolisian, serta pihak pemangku kepentingan transportasi. VW mengupayakan saat teknologi ini meluncur akan dibuat sangat efisien, sehingga pemilik kendaraan tidak perlu lagi mengeluarkan uang saat menggunakan jaringannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com