Marquez Akui Honda "Kesulitan" Kejar Ducati

Kompas.com - 12/06/2017, 07:24 WIB
Andrean Dovizioso tak terkejar duet Honda di Catalunya motorsport.comAndrean Dovizioso tak terkejar duet Honda di Catalunya
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Barcelona, KompasOtomotif - Andrea Dovizioso (Ducati) kembali meraih kemenangan di GP Catalunya, Minggu (11/6/2017). Prestasi ini sekaligus membuktikan dirinya bukan hanya "jagoan kandang" saat menjuarai GP Italia pekan lalu di negaranya sendiri.

Dovi menjadi pebalap tercepat dengan waktu 44 menit 41.518 detik. Pebalap asal Italia berusia 31 tahun ini pun sukses mengasapi duet Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, yang notabennya merupakan pebalap tuan rumah.  

Salah satu kunci keunggulan Dovizioso ada pada Ducati Desmosedici GP17 yang menjadi tunggangannya. Setelah beberapa kali memaksa tim untuk mengoptimalkan performa motornya, akhirnya pebalap yang akrab disapa Dovi ini mampu menemukan ritme terbaiknya.


Lintasan lurus menjadi salah satu kelebihan Desmosedici. Hal ini dibuktikan ketika balap di Catalunya, tidak satu pun RC213V milik Honda yang berkutik untuk bisa menyusulnya.

Baca : Mulai Balap di Posisi "13", ini Kata Rossi

Bahkan hal ini pun diakui Marquez yang finis di urutan kedua. Pebalap Spanyol ini mengganggap tunggangan Dovi cukup kencang pada lintasan lurus.


"Saya bisa berada di belakang Dovi, tapi kami kalah di trek lurus. Terlalu banyak dan tidak ada yang bisa kami lakukan. Dia (Dovi) melakukan pekerjaan yang yang hebat," ucap Marquez dikutip dari Motorsport.

Menurut Marquez, baik dirinya maupun tunggangan Pedrosa tidak mampu menandingi kecepatan motor Ducati saat di lintasan lurus. Hal tersebut pun membuat kedua pebalap tuan rumah ini kewalan dan hanya mampu mempertahankan posisinya masing-masing.


"Saya berkendara halus untuk gaya balap saya, dan dalam situasi grip yang rendah. Dani paling terbaik, dan saya pun meniru racing line Dani dan lalu menekan. Saya akan melakukan gaya balap saya untuk beberapa lap berikutnya,” kata Marquez.

Kelasmen Setelah GP Catalunya

Halaman:


Sumber Motorsport
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X