Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Balap di Posisi “13”, Ini Kata Rossi

Kompas.com - 11/06/2017, 03:45 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Barcelona, KompasOtomotif – Pebalap Italia Valantino Rossi harus rela memulai balap di posisi ke-13, lantaran buruknya performa ketika menjalani sesi latihan bebas. Bahkan, pebalap 38 tahun ini tak berhasil lolos ke kualifikasi kedua (Q2).

Valentino Rossi menyesalkan hasil kualifikasinya di Grand Prix Catalan (Barcelona) tersebut. Dirinya menyebut kalau kecepatan sepeda motorya "tidak fantastis". Ini merupakan pertama kalinya Rossi tidak masuk dalam Q2 sepajang musim 2017.

"Hormat kami, saya berharap bisa berjuang lebih sedikit karena kemarin saya tidak begitu baik, tapi saya punya perasaan cukup bagus dengan motornya. Namun pagi ini tak sesuai perkiraan, ada masalah pada ban dan aspal, sehingga berjuang keras hari ini,” ujar Rossi mengutip Motorsport, Sabtu (10/6/2017).

Pebalap asal Italia ini mengaku punya banyak masalah terutama pada ban, dan belum memecahkan solusi terbaik. Beberapa ban mungkin bisa membuat lebih banyak putaran, tapi dengan traksi yang tidak begitu bagus.

Baca juga : Marquez Jatuh Bangun, Pedrosa "Pole" di Catalunya

“Kami tidak punya pilihan ban depan dan belakang dengan tepat. Memulai balap dari urutan 13 akan sangat-sangat sulit pada balap nanti, dan perjuangan juga akan sangat berat karena kecepatannya sepeda motor tidak begitu fantastis," tutur Rossi.

Rossi terakhir kali berada di luar sepuluh besar start di Phillip Island pada 2016 lalu. Namun dirinya berhasil menerabas masuk ke posisi terdepan, dan bertarung untuk posisi kedua. Apakah itu akan terulang lagi kali ini?

Pascakualifikasi, Rossi sedikit membuat kesimpulan. "Masalahnya, dengan ban medium kami baik sepanjang enam lap, tapi balapan ini sebanyak 25 lap. Pastinya dengan hard tire , kami tidak pernah bagus. Jadi pilihannya adalah, geber di lima lap pertama dan kemudian memperlambat, atau di sepanjang balap melambat," tutur Rossi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com