Kompas.com - 09/06/2017, 07:22 WIB
Truk Isuzu. truckandtrailer.co.zaTruk Isuzu.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Memaksimalkan pengecekan dan kontrol terhadap kendaraan angkutan orang dan barang, Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan mulai menggandeng pihak swasta untuk ikut menyediakan balai uji KIR atau uji berkala.

Hingga saat ini, sudah ada 110 bengkel yang ditunjuk pemerintah sebagai unit Uji Berkala, yang tersebar di seluruh Indonesia. Setelah sebelumnya ada Hino, kemudian Daihatsu, merek lainya yang ikut menyelenggarakan adalah Isuzu.

“Tentu kami juga sudah. Jadi secara total tempat uji itu ada 110 dari pihak swasta yang sudah siap, di mana Isuzu sendiri kontribusinya ada tiga lokasi, yaitu di Jakarta, Surabaya dan kemudian satu lagi di Palembang,” ujar Tonton Eko Boedianto, Service Division Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Rabu (7/6/2017).

Baca juga : Gandeng ATPM, Pemerintah Tambah Fasilitas Uji KIR Swasata

Terkait investasi, pihak Isuzu masih belum membukanya, tapi yang jelas mereka masih mempersiapkan semuanya sampai enam bulan ke depan. Pemerintah sendiri disebut memberikan waktu selama dua tahun, untuk melengkapi alat uji.

“Kalau mengikuti investasi yang ideal, yang paling mahal itu investasi brake test (menguji rem masing-masing roda). Biaya pengadaan alat tersebut sampai Rp 2 miliar. Saat ini, di semua (110 uji kir) bengkel uji swasta belum ada brake test, maka dari itu diberi waktu hingga 2 tahun untuk persiapan,” ujar Tonton.

“Dalam waktu enam bulan ini, kami masih mempersiapkan peralatan-peralatan yang mungkin bisa dipakai sementara. Baru kemduian ada waktu 1,5 tahun lagi untuk melengkapi alat yang memang ideal,” tutur Tonton.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.