Suzuki Jimny Tampik Julukan "SUV Banci"

Kompas.com - 02/06/2017, 03:02 WIB
|
EditorAgung Kurniawan


Jakarta, KompasOtomotif
- Suzuki Indomobil Sales (SIS) pernah memamerkan Jimny di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Agen Pemegang Merek (APM) Suzuki itu membawa sport utility vehicle (SUV) mini, untuk melihat seberapa besar respons masyarakat.

Rupanya, hasil survei yang dilakukan selama satu tahun itu mendapatkan hasil positif. Sebagai bukti, Jimny akan diluncurkan pada pameran GIIAS yang berlangsung 10 hingga 20 Agustus 2017, di ICE, BSD, Tangerang.

"Dipastikan seperti itu, tetapi informasi lengkapnya belum bisa diumumkan dulu," ucap Donny Saputra, Direktur Pemasaran SIS saat dihubungi KompasOtomotif melalui pesan singkat, Kamis (1/6/2017) malam.

Baca: Sabar, Suzuki Sedang Kembangkan Jimny Khusus Indonesia

Kembalinya model ikonik Suzuki ke Tanah Air itu dipastikan bakal membuka segmen baru, yaitu small SUV alias SUV mini 4x4. Jimny yang diimpor utuh alias completely built-up (CBU) dari Jepang itu bakal punya spesifikasi penggerak roda 4x4.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) baru ada segmen SUV medium yang dihuni Fortuner, Pajero Sport, CR-V, Tucson, CX-5, dan lain sebagainya.

Suzuki Jimny di GIAS 2016

Sementara di segmen low SUV, diisi Rush, Terios, BR-V, Trax, Juke, hingga Captur. Terhitung Januari-April 2017, total penjual low SUV untuk semua model mencapai 37.838 unit, sementara SUV medium 19.674 unit. Namun, semua model ini kerap dijuluki sebagai "SUV banci" karena tanpa kemapuan mumpuni di trek off-road, alias berpenggerak 4x2.

Nantinya, jika Jimny resmi dijual di Indonesia, maka mengisi segmen mini SUV. Secara pasar memang tidak terlalu besar, jika dibandingkan low SUV dan SUV medium.

Sebelumnya, Yulius Purwanto, Marketing 4W Product Development & Accessories Manager SIS pernah menjelaskan kepada KompasOtomotif diacara peluncuran Ignis beberapa waktu lalu, menurut dia pasar disegmen mini SUV sangat kecil.

"Berdasarkan hasil survei kami juga mengatakan seperti itu. Meskipun kecil dan unik, kita harus tetap menghadirkannya," kata Yulius.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.