Nissan Jualan 5,63 Juta Unit di Dunia Sepanjang 2016

Kompas.com - 12/05/2017, 16:11 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Yokohama, KompasOtomotif – Raksasa otomotif terbesar kedua di Jepang, Nissan, baru saja merilis laporan keuangannya periode tahun fiskal 2016, yang berakhir pada Maret 2017. Di mana menghasilkan laba usaha (operating profit) sebesar 742,2 miliar yen atau Rp 87 triliun.

Dibanding dengan perolehan sebelumnya, angka tersebut mengalami penurunan 6,4 persen. Kemudian pendapatan bersih yan g didapat Nissan sebanyak 11,72 triliun yen atau Rp 1.375 triliun, atau turun 3,9 persen dibanding tahun fiskal 2015.

Hasil tersebut didapatkan dari penjualan yang tinggi di Amerika Serikat, China, dan Eropa Barat, yang mengimbangi dampak valuta asing dan pelemahan di pasar negara berkembang. 

Jualan di Tahun Fiskal 2016

Nissan Global membukukan penjualan sebesar 5,63 juta unit, di mana untuk pasar Amerika Serikat, penjualan Nissan naik sebesar 4,2 persen menjadi 1,58 juta unit, pangsa pasar 9,0 persen. Ada peningkatan permintaan yang cukup tinggi untuk Nissan Rogue dan Nissan Altima.

Sementara di China, naik 8,4 persen menjadi 1,35 juta unit, dengan market share 5,0 persen. Lalu Eropa, tidak termasuk Rusia, penjualan Nissan naik 7,2 persen menjadi 683.000 unit, dan menghasilkan pangsa pasar 3,8%. Kendaraan SUV Nissan Qashqai dan pick-up Nissan Navara mendorong permintaan di wilayah ini.

Kinerja Nissan di pasar utama ini membantu mengimbangi kondisi menantang di pasar Jepang, akibat penghentian sementara penjualan mobil kei di paruh pertama. Penjualan mobil di Jepang mencapai 557.000 unit untuk periode 12 bulan, pangsa pasar 11 persen. Di pasar lain, termasuk Asia dan Oceania, Amerika Latin, Timur Tengah dan Afrika, penjualan Nissan mengalami penurunan sebesar 3,3 persen menjadi 808.000 unit.

Nissan menargetkan penjualan 5,83 juta unit untuk tahun fiskal 2017. Model-model yang baru meluncur, seperti Micra, Armada, Kicks, serta Note e-Power dan Serena di Jepang, diharapkan dapat berkontribusi terhadap penjualan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.