Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Mulai Produksi Pikap Navara di China

Kompas.com - 10/05/2017, 08:43 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Zhengzhou, KompasOtomotif – Perusahaan patungan Nissan Motor di China, Zhengzhou Nissan Automobile memulai produksi truk pikap Navara baru, Senin (8/5/2017). Perakitan dilakukan untuk mengantisipasi booming kendaraan di segmen pikap pada pasar China.

China melonggarkan aturan untuk pikap pada 2016 lalu, yang memicu pertumbuhan dua digit pertama dalam enam tahun. Kompetisi penjualan kemungkinan akan meningkat, karena merek independen China dan pembuat mobil asal Amerika, juga ikut memperkuat usaha mereka di kelas ini.

Zhengzhou Nissan memegang pangsa pasar lebih dari 10 persen truk pikap China, atau yang menjadi terbesar ketiga. Mereka berharap Navara, yang dilengkapi transmisi otomatis 7-percepatan bisa meningkatkan performa bisnis, dan membantu perusahaan tersebut mengejar pemimpin pasar Great Wall Motors dan Jiangling Motors.  Zhengzhou Nissan berencana untuk memulai penjualan Navara pada Juni 2017 ini, tapi belum mengeluarkan harga atau target penjualan.

Penjualan pikap baru di China naik 11 persen pada 2016 menjadi 350.000 unit, kenaikan pertama dalam tiga tahun. Pemerintah China sebelumnya membatasi penggunaan truk semacam itu di daerah pusat kota, karena alasan lingkungan dan lainnya.

Baru kemudian pada Februari 2016, China mulai mengizinkan pengoperasian pikap yang memenuhi standar emisi, yang sama dengan mobil penumpang di provinsi Hebei, Henan, Yunnan dan Liaoning. Kota Chongqing dan Provinsi Hubei juga telah ikut meredakan peraturan megenai pelarangan pikap.

"Kompetisi penjualan akan menguat di antara produsen mobil, karena kami mengharapkan pertumbuhan dua digit," tutur Kenji Naito, Vice President Zhengzhou Nissan mengutip Nikkei, Selasa (9/5/2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com