Kompas.com - 06/05/2017, 14:23 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Kuala Lumpur, KompasOtomotif – Aplikasi penunjuk jalan yang bisa digunakan pada smartphone sudah jadi kebutuhan masyarakat, khususnya di wilayah perkotaan. Selain Google Map, salah satu aplikasi yang populer adalah Waze.

Di wilayah Asia Tenggara, mengutip Paultan.org, Jumat (5/5/2017) Jakarta menduduki peringkat kedua setelah Kuala Lumpur. Jumlah pengguna aktifnya ada sebanyak 2 juta orang, sementara Kuala Lumpur mencapai 2,5 juta orang.

Pada urutan ketiga ada kota Manila yang jumlahnya sebesar 1,5 juta. Di Malaysia, Waze mencoba menggandeng pemerintah untuk berbagi data, untuk memberikan solusi bagi pengendara, agar tidak teralu lama berada di jalanan.

Di mana pengguna jalan bisa melaporkan sesuatu yang terjadi, kemudian ditindak lanjuti oleh pemerintah terkait apa yang terjadi di jalanan. Bukan tidak mungkin ini bisa diaplikasikan di Jakarta, atau beberapa kota besar di Indonesia.

Mona Weng, Global Strategic Partnerships Manager Waze mengatakan, data dapat mencakup hal seperti penutupan jalan yang direncanakan karena peristiwa besar atau konstruksi, dan pengalihan ajalan real-time akibat kecelakaan atau keadaan darurat.

“Info yang tersedia di Waze ini kemudian digunakan untuk membimbing pengguna mencari-cari jalan, membuat perjalanan lebih cepat dan lancar,” ujar Weng.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.