Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prediksi Pebisnis Mobkas soal Agya dan Ayla 1.200 cc

Kompas.com - 05/04/2017, 18:27 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Daihatsu Ayla dan Toyota Agya baru siap meluncur beberapa hari lagi di Jakarta. Selain ubahan pada eksterior dan interior, Toyota dan Daihatsu juga akan menawarkan kubikasi mesin yang lebih besar, yakni 1.200 cc serupa dengan duet Calya dan Sigra.

Meski demikian, kehadiran Agya dan Ayla baru dianggap beberapa pebisnis mobil bekas tidak akan mengganggu pasar. Terutama bila harganya relatif lebih tinggi dibandingkan model lawas.

"Kalau harganya jauh otomatis tidak ngefek (berpengaruh). Mobkas juga punya segmen sendiri, biasanya orang pilih mobkas karena cari harga lebih murah, itu sudah pasti," ucap Sunanta pedagan mobkas di WTC Mangga Dua kepada KompasOtomotif, Selasa (4/4/2017).

Begitu juga dengan Teddy, pemilik showroom mobkas Teddy Jaya Motor di MGK. Menurut Teddy, meski Agya dan Ayla punya tampang lebih fresh dan mesin lebih besar, tapi tidak akan terlalu berpengaruh pada penjualan mobkas.

"Kita lihat beda harganya nanti berapa, kalau tambah mahal yah buat apa. Orang nilai Agya dan Ayla karena punya status mobil murah, kalau harga jadi sama seperti mobkas Brio atau Sirion, pasti orang mikir," ucap Teddy di waktu yang sama.

Tidak hanya itu, dengan mesin 1.200 cc Ayla dan Agya juga akan perang dengan saudara kembarnya yang berstatuskan LCGC tujuh penumpang, Calya dan Sigra. Teddy menilai mobil jenis MPV akan lebih diminati. "Muat banyak tapi harga sama, bedanya cuma barang baru dan bekas. Konsumen pasti lebih cari yang muat banyak," kata Teddy.

Estimasi

Stanly/KompasOtomotif Harga Daihatsu Sigra naik

Dari bocoran yang didapat Otomania.com, perkiraan harga Agya dan Ayla akan mengalami kenaikan yang signifikan. Untuk Agya mesin 1.2L kisarannya mencapai Rp 145 juta hingga Rp 155 jutaan, sedangkan Ayla dari dari Rp 130 juta sampai Rp 140 jutaan.

Meski belum pasti, tapi bila perkiraan harganya sudah di angka Rp 130 jutaan, maka sangat kompetitif dengan Calya dan Sigra. Sekadar informasi, untuk Sigra 1.200 cc saat ini dipasarkan mulai dari Rp 127,150 juta sampai Rp 149.650 juta, sedangkan Toyota Calya dibanderol mulai dari Rp 134,6 juta sampai Rp 152,150 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com