Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Fitur VSC pada Mobil

Kompas.com - 31/03/2017, 09:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KompasOtomotif – Mencegah terjadinya kecelakaan bukan hanya bisa dilakukan dengan menjaga perilaku berkendara, tapi bisa juga didukung oleh fitur keselamatan pada mobil. Karena tidak menutup kemungkinan ada kelalaian dari pengemudi, atau kondisi lingkungan yang tidak bersahabat.

Salah satu fitur yang penting adalah Vehicle Stability Control (VSC). Namun, apakah sudah mengetahui fungsi sebenarnya?

Seperti dijelaskan, Tommy Hermansyah, Product Knowledge Dept PT Toyota Astra Motor, VSC sendiri sebenarnya befungsi untuk menjaga kendaraan agar tetap stabil dan mengikuti jalurnya, ketika menikung atau berpindah jalur.  

Sistem akan secara otomatis membantu pengurangan tenaga, ketika terjadi gejala kehilangan traksi pada salah satu roda. Sehingga pengemudi masih tetap bisa mengontrol kendaraan secara aman.

Fitur keselamatan ini bisa mencegah mobil mengalami understeer atau oversteer ketika menikung. Karena umumnya, traksi ban tidak semua sama ketika menikung, lebih lagi ketika jalanan licin atau berpasir, jadi bisa dibantu oleh fitur ini,” ujar Tommy, Rabu (29/3/2017).

“Bahkan, di beberapa model mobil, sistem ini bukan hanya bisa mencegah roda mobil spin atau slip, tapi secara otomatis juga ikut mengurangi gas. Jadi ketika pengemudi menginjak gas saat menikung, gas tidak akan bertambah malah akan berkurang, sesuai kebutuhan yang terbaca oleh sistem,” tutur Tommy.

Pemerintah Malaysia pada 2018 akan menelurkan aturan, yang mewajibkan setiap mobil baru menggunakan fitur ini, seperti yang sudah dilakukan di Eropa maupun Amerika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com