Kompas.com - 23/02/2017, 07:02 WIB
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Revisi Peraturan Menteri Perhubungan (PM) Nomor 32 Tahun 2016 sudah memasuki masa uji publik pada 17 Februari 2017 lalu. Putusan mengubah kubikasi mesin dari 1.300 cc menjadi 1.000 cc pun akhirnya terjawab.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto, menjelaskan, bahwa kendaraan dengan kapasitas 1.000 cc kini diperbolehkan menjadi taksi online.

"Seperti yang kemarin saat uji publik, kendaraan 1.000 cc seperti low cost green car (LCGC) sudah bisa digunakan, kalau yang dulu itu kan 1.300 cc," kata Pudji saat bincang singkat dengan KompasOtomotif, Rabu (22/2/2017).

Stanly/Otomania Mudik pakai LCGC

Menurut Pudji, alasan kenapa akhirnya mobil LCGC dengan kapasitas di bawah 1.300 cc diperbolehkan adalah karena untuk mendukung program go green. Selain itu tentu tidak lepas dari banyaknya permintaan dan masukan dari masyarakat.

"LCGC itu kendaraan ramah lingkungan. Kementerian Perindustrian juga sudah meloloskan terkait masalah safety, jadi tidak masalah," ucap Pudji.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.