Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Indonesia Jadi Jawara Desain "Eco-car"

Kompas.com - 08/02/2017, 16:33 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Sumber BBC

Italia, KompasOtomotif - Delapan siswa jurusan teknik mesin asal Indonesia, sukses menjuarai kompetisi internasional untuk mendesain sebuah eco-car. Sebelumnya, mobil eco-car ini juga sudah mengantarkan mereka menjadi juara dalam Shell Eco-Marathon Drivers 2016.

Dilansir dari BBC, Rabu (8/2/2017), para mahasiswa dari Indonesia ini berhasil setelah melakukan upaya sebanyak empat kali dan menghabiskan waktu satu minggu di Sirkuit Fiorano yang merupakan lintasan tes mobil F1 Ferrari.

"Saya dari desa, tidak menyangka bisa ada di Sirkuit Ferrari Italia. Kami sangat bangga dan saya harap ke depan saya dan teman-teman bisa membantu Indonesia untuk menciptakan lingkungan yang bersih dari polusi," ucap Amin Sobirin selaku manager tim Bumi Siliwangi.

Eco-car buatan anak bangsa ini menjadi mobil tercepat yang memiliki top speed sebesar 55 kpj diantaran eco-car lainnya. Selain itu, mobil ini juga diklaim teririt dalam penggunaan tenaga baterai.

"Tim dari Indonesia sangat solid, mereka sangat tertarik untuk mengikuti kegiatan ini. Bila F1 lebih melihat dari kemampuan pebalapnya, eco-car lebih pada kekompakan tim karena kecepataan bukan segalanya" ucap Marc Gene, Ferrari F1 test driver.

Atas prestasinya, mereka mendapatkan hadiah berlibur di Italia sekaligus menimba ilmu dari tim F1 Ferrari selama satu minggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com