Isu Transmisi "Menghantui" Pasar Mobkas Innova dan Fortuner

Kompas.com - 07/02/2017, 08:02 WIB
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Beberapa pedagang mobil bekas (mobkas) di MGK-Kemayoran masih memetik hasil positif dari penjualan Innova diesel lawas. Selain karena harga Innova baru yang sudah cukup tinggi, penyebab lain ternyata akibat dampak isu transmisi otomatis Innova baru yang bermasalah.

Teddy pemilik showroom mobkas di MGK mengatakan banyak konsumen yang menceritakan seputar masalah transmisi otomatis pada Innova baru. Akibat dari kabar tersebut beberapa pedagang sempat mengalami kesulitan untuk menjual Innova baru yang unitnya sudah mulai ada di pasar mobil bekas.

"Banyak konsumen yang cerita seperti itu, bilang transmisinya tidak enak dan kasar. Kemarin-kemarin unit bekas yang sudah masuk juga susah laku karena isu transmisi itu," ucap Teddy kepada KompasOtomotif di MGK, Senin (6/2/2017).

Untuk pasaran, Teddy mengaku kurang begitu mengerti harga karena belum pernah mendapatkan unit Innova baru. Tapi mendengar dari teman, kisarannya masih di angka Rp 340 jutaan untuk kilomoter yang masih rendah.

Toyota Astra Motor (TAM) Transmisi otomatsi 6-percepatan pada Toyota All-New Kijang Innova.

Beda dengan Teddy, Wani dari showroom Berkah Auto justru mengatakan dampak dari isu tersebut bukan hanya pada Innova tapi juga pada model Fortuner baru.

"Sebenarnya isunya sudah lama, Innova dan Fortuner baru transmisi juga sama, otomatis Fortuner juga bisa senasib. Kalau kami sebagai pedagang memang belum pernah merasakan sendiri, hanya dari omongan konsumen dan isu-isu saja," papar Wani di waktu yang sama.

Sekadar informasi, pihak Toyota Astra Motor (TAM) sebelumnya sudah pernah menjelaskan seputar permasalahan transmisi Innova dan Fortuner. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dalam tautan berikut.

Baca : Ini Analisis Toyota soal Transmisi Innova

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.