Kompas.com - 22/12/2016, 19:08 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Keluhan konsumen generasi baru Innova dan Fortuner tentang masalah pada transmisi otomatis sudah dianalisa oleh Toyota Indonesia. Dari penjelasan Dadi Hendriadi, General Manager Technical Service Toyota Astra Motor, kejadian yang dikeluhkan konsumen itu bernama shift shock.

Sebelumnya, pada Oktober lalu, sekelompok konsumen menyatakan mengalami gejala macet atau keras saat memindahkan tuas transmisi dari posisi “P” ke “R”. Selain itu, saat dikendarai ada gejala melompat dan muncul suara “duk” ketika perpindahan gigi.

Baca: Konsumen Innova Mengeluh Masalah Transmisi

Shift shock itu terjadi karena salah satu kopling yang ada di dalam transmisi menyambung lebih cepat dari yang lain,” jelas Dadi kepada KompasOtomotif, Kamis (22/12/2016).

“Kejadian itu terjadi karena kurang sinkronisasi pelepasan dan persambungan beberapa kopling di dalam transmisi otomatis. Solusinya, remapping membuatnya jadi sinkron,” jelas Dadi.

Ketidaksinkronisasian itu terjadi hanya dalam waktu singkat. Menurut Hendrayadi, para pelanggan yang komplain sudah ditangani satu per satu dengan solusi. Saat ini semua bengkel resmi Toyota sudah bisa menangani masalah shift shock.

Baca juga: Konsumen Innova Sudah Patah Arang soal Transmisi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.