Kompas.com - 01/02/2017, 16:00 WIB
Penulis advertorial
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif - Toyota Sienta yang dijual di Indonesia tersedia dua pilihan transmisi, yaitu manual dan matik. Pada versi manual hadir dengan teknologi enam percepatan. Sedangkan model continous variable transmission/CVT dengan 7-percepatan sport sequential shiftmatic.

Buat yang berencana membeli Sienta dengan transmisi manual, perlu diketahui bahwa mengoperasikan transmisi mundur berbeda seperti mobil pada umumnya. Biasanya, langsung memindahkan tuas transmisi ke posisi R, sedangkan Sienta berbeda.

Jangan khawatir, caranya tetap dibuat mudah sehingga pengemudi tidak kesulitan ketika mengoperasikannya. Alasan berbeda, karena kendaraan multi guna (multi purpose vehicle/MPV) 7-penumpang ini punya 6-percepatan.

Sebelum mulai mengoperasikan, harus diketahui dulu bahwa posisi transmisi R terdapat di pojok kiri atas, sebelah gigi satu. Caranya, ada ring atau menyerupai cincin berwarna senada di bagian tuas perseneling.

Langkah selanjutnya, letakkan jempol tangan kiri di atas tuas, lalu jari telunjuk dan tengah diposisikan pada sekeliling cincin tersebut.

Setelah itu, tarik cincin ke atas, kemudian geser tuas ke arah kiri hingga mentok dan arahkan ke ujung atas. Jika sudah seperti itu sudah bisa berjalan mundur.

Selanjutnya, jika ingin mengembalikan atau memindahkan ke gigi satu, dua, dan seterusnya, caranya pun tetap mudah. Dari posisi R, hanya tinggal diturunkan, lalu diarahkan sesuai dengan kebutuhan pengemudi. (ADV)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.