Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/01/2017, 14:08 WIB
Penulis advertorial
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif - Toyota Sienta hadir dengan konsep Multi Activity Vehicle (MAV). Sebagai mobil keluarga berkapasitas tujuh penumpang, sudah pasti memiliki fitur keamanan dan keselamatan yang lengkap.

Sebab, bicara mengenai unsur keamanan dan keselamatan sudah menjadi fokus Toyota di Indonesia. Oleh sebab itu, beragam fitur untuk melindungi penumpang dan pengemudi pada Sienta sudah disediakan.

Dimulai dari Anti-lock Braking System (ABS), Electric Brake Force Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Sistem ABS berfungsi mencegah roda terkunci saat terjadi pengereman mendadak, sehingga kemudi masih bisa diarahkan.

Sistem ini juga dapat memberi kontrol pengendalian pada kondisi jalan basah. Ketika sensor ABS mendeteksi adanya penguncian roda, sistem akan memerintahkan piston rem melepas sejenak jepitan kanvas rem dan menjepit lagi setelah roda sudah berputar. Biasanya bila ABS sedang bekerja, ditandai dengan adanya getaran pada pedal rem.

Selanjutnya beralih ke fitur Electric Brake force Distribution (EBD) yang punya fungsi utama mengatur tekanan cairan rem yang berbeda-beda ke setiap roda. Tekanan tersebut tergantung kondisi jalan, kecepatan, beban dan faktor-faktor lainnya.

Saat dikombinasikan dengan ABS, EBD mendistribusikan tekanan rem yang tepat pada tiap roda untuk mengembalikan daya cengkeram pada roda yang selip, sehingga kontrol kendaraan bisa tetap terjaga.

Brake Assist (BA) atau punya nama lain Emergency Brake Assist (EBA) berfungsi menambah tekanan pengereman secara otomatis dengan mengukur kecepatan pedal rem yang diinjak. BA/EBA akan mengurangi jarak pengereman, yang berfungsi mengatasi kecenderungan kurang kuatnya pengendara saat menginjak pedal rem agar kendaraan berhenti.

Terakhir adalah fitur Vehicle Stability Control, yang tersedia buat varian tertinggi atau Q. Fitur ini berfungsi saat berada di tikungan dengan kecepatan tinggi, dan bertugas menjaga mobil tetap stabil hingga tidak terguling. (ADV)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.