Penjualan Mobil Indonesia 2017 Diprediksi Naik

Kompas.com - 25/01/2017, 19:49 WIB
Suasana pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, Kamis (11/8/2016). GIIAS 2016 akan berlangsung hingga 21 Agustus 2016. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Suasana pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, Kamis (11/8/2016). GIIAS 2016 akan berlangsung hingga 21 Agustus 2016.
|
EditorAgung Kurniawan
Jakarta, KompasOtomotif - Lembaga konsultan dan riset Frost & Sullivan memproyeksikan angka penjualan mobil baru di Indonesia mencapai 1,1 juta unit, atau tumbuh 5 persen, didorong oleh menguatnya daya beli masyarakat. Kondisi ekonomi nasional juga diprediksi bakal membaik, setelah kemerosotan dalam beberapa tahun terakhir.
 
Vivek Vaidya, Senior Vice President of Mobility Frost and Sullivan, mengatakan, menyehatnya kondisi ekonomi 2017 lantaran sentimen positif konsumen, tumbuhnya private investment, menguatnya belanja pemerintah, dan kembali pulihnya ekspor. 
 
"Pemerintah mulai bergerak, mulai dari pengetatan fiskal, dan hadirkan beragam paket yang bisa menstimulus ekonomi, serta suksesnya skema tax amnesty, sehingga membantu merangsang kepercayaan diri pasar. Ke depannya, dengan pengetatan dan reformasi struktural yang membaik, bisa jadi hal penting untuk mempertahankan momentum," ujar Vaidya, Rabu (25/1/2017). 
 
Vaidya menambahkan, meluncurnya model baru yang hadir pada semester kedua tahun lalu dan 2017 juga akan memberikan dampak positif terhadap volume industri. Tak hanya itu, berbagai pameran mobil di beberapa wilayah Indonesia juga turut berkontribusi merangsang demand.
 
"Pada 2017, kami tentunya berharap ada arah dan gambaran jelas dari pemerintah, untuk jangka pendek dan menengah, dengan menyelesaikan beberapa kebijakan kunci, seperti program low carbon emission dan roadmap otomotif industri," tutur Vaidya.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X