Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selisik Harga yang Pantas untuk Yamaha ”All New” R15

Kompas.com - 24/01/2017, 11:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan All New R15 tanpa banderol. Merek garputala itu baru mau mengumumkannya beberapa saat ketika sepeda motor sport ber-fairing itu sudah diproduksi dan siap dijual antara kuartal I atau II tahun ini.

Jelas saja, keputusan ini membuat banyak pihak penasaran, termasuk KompasOtomotif, terutama soal harga yang pas. Executive Vice President Director YIMM Dyonisius Beti hanya menyatakan bahwa pricing atau penetapan harga akan kompetitif.

”Maaf belum bisa disebut sekarang, nanti merusak harga model lama. Kompetitif itu pasti, karena ada fitur baru. Harga pasti naik (dari model lama),” ujar Dyon kepada KompasOtomotif, usai meluncurkan R15 terbaru di Sirkuit Sentul, Bogor, (23/1/2017).

Menarik memperhatikan pernyataan Dyon. Disebutkan harga yang naik, tapi kompetitif. Saat ini, Yamaha menjual R15 di angka Rp 31,3 juta on the road Jakarta. Kalau pun naik dan ingin tetap kompetitif, seharusnya tak lebih dari angka psikologis Rp 33 juta, atau tak menyentuh Rp 35 juta.

Ini perbandingannya. Pesaing utama R15 adalah All New CBR150R. Jagoan Honda itu dipatok Rp 32,85 juta tipe standar, Rp 33,45 juta untuk tipe warna merah, dan Rp 33,65 juta buat edisi Repsol.

Kalau pun naik Rp 3 juta (menjadi Rp 34,3 juta) untuk membayar sejumlah teknologi baru yang dibenamkan pada R15 [Baca: Bekal Yamaha All New R15 buat Tabrak CBR150R ], seharusnya masih bisa fight dengan petarung Honda.

Lalu tengok pesaing lain. Suzuki juga baru saja meluncurkan GSX-R150 di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) tahun lalu. Banderol juga sudah diumumkan, Rp 27,9 juta on the road. Harganya memang sangat jauh di bawah pesaing. Namun Suzuki menyatakan bahwa inilah harga promosi yang akan dievaluasi setelah tiga bulan ke depan.

Nah, menurut Anda, sudahkah perkiraan KompasOtomotif menjadi harga yang pas buat R15 terbaru?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com