Kompas.com - 22/12/2016, 12:31 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Tuntutan recall dari sekumpulan konsumen generasi baru Innova dan Fortuner mentok kanan dan kiri. Usai dimentahkan Toyota Astra Motor (TAM), para konsumen itu mencoba mengadu kepada Kementerian Perdagangan (Kemendag). Hasilnya juga nihil.

Baca: Toyota Tegaskan Innova dan Fortuner Baru Tanpa "Recall"

Baca: Tanggapan Pabrik Soal Transmisi Bermasalah Innova

Salah satu dari para konsumen itu, Bergson Manik, menjelaskan, pihaknya sudah berkunjung ke kantor Kemendag pada bulan lalu. Kesimpulan dari Kemendag, tetap tidak ada recall.

“Alasannya ada garansi. Nah kalau garansi habis bagaimana. Recall itu enggak ada hubungannya sama garansi. Kami sudah minta garansi ditambah untuk suku cadang yang cacat produksi,” ucap Bergson saat dihubungi KompasOtomotif, Kamis (22/12/2016).

Febri Ardani/KompasOtomotif Toyota All-New Kijang Innova.
Saat ini sudah lebih dari 300 konsumen yang mengaku bermasalah dengan transmisi otomatis Innova dan Fortuner. Jumlahnya berkembang sejak para konsumen itu ditemui langsung oleh TAM pada Oktober. Pada saat itu Bergson menyebut konsumen yang bermasalah terhitung 87 orang.

“Ini seperti Daud lawan Goliath, itulah kami,” kata Bergson.

Tujuan tuntutan recall, kata Bergson, agar para konsumen yang belum menyadari mobilnya bermasalah bisa mendapatkan informasi. Setelah itu, konsumen bisa mendapat perbaikan atau penggantian suku cadang. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.