Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumen Innova Sudah Mengadu ke Kemendag

Kompas.com - 22/12/2016, 12:31 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Tuntutan recall dari sekumpulan konsumen generasi baru Innova dan Fortuner mentok kanan dan kiri. Usai dimentahkan Toyota Astra Motor (TAM), para konsumen itu mencoba mengadu kepada Kementerian Perdagangan (Kemendag). Hasilnya juga nihil.

Baca: Toyota Tegaskan Innova dan Fortuner Baru Tanpa "Recall"

Baca: Tanggapan Pabrik Soal Transmisi Bermasalah Innova

Salah satu dari para konsumen itu, Bergson Manik, menjelaskan, pihaknya sudah berkunjung ke kantor Kemendag pada bulan lalu. Kesimpulan dari Kemendag, tetap tidak ada recall.

“Alasannya ada garansi. Nah kalau garansi habis bagaimana. Recall itu enggak ada hubungannya sama garansi. Kami sudah minta garansi ditambah untuk suku cadang yang cacat produksi,” ucap Bergson saat dihubungi KompasOtomotif, Kamis (22/12/2016).

Febri Ardani/KompasOtomotif Toyota All-New Kijang Innova.
Saat ini sudah lebih dari 300 konsumen yang mengaku bermasalah dengan transmisi otomatis Innova dan Fortuner. Jumlahnya berkembang sejak para konsumen itu ditemui langsung oleh TAM pada Oktober. Pada saat itu Bergson menyebut konsumen yang bermasalah terhitung 87 orang.

“Ini seperti Daud lawan Goliath, itulah kami,” kata Bergson.

Tujuan tuntutan recall, kata Bergson, agar para konsumen yang belum menyadari mobilnya bermasalah bisa mendapatkan informasi. Setelah itu, konsumen bisa mendapat perbaikan atau penggantian suku cadang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com