Cara Malaysia Meningkatkan Keselamatan pada Mobil

Kompas.com - 01/12/2016, 13:42 WIB
Tes tabrak Suzuki Ertiga oleh ASEAN NCAP. ASEAN NCAPTes tabrak Suzuki Ertiga oleh ASEAN NCAP.
|
EditorAgung Kurniawan

Sepang, KompasOtomotof - Pemerintah Malaysia mengumumkan akan membuat undang-undang terkait komponen keselamatan, electronic stability control  (ESC) pada mobil. Komponen ini rencananya akan disematkan pada semua kendaraan baru, pada Juni 2018 nanti.

"Kami bangga bahwa pemerintah Malaysia mengambil langkah penting ke depan dalam keselamatan Jalan, dan menjadi negara ASEAN pertama yang menelurkan regulasi ESC,” ujar Dato' Sri Liow Tiong Lai, Menteri Transportasi Malaysia saat peluncuran kampanye Stop the Crash ASEAN di Sepang, Malaysia, mengutip Automotive Wold, Kamis (1/12/2016).

Dato' Sri Liow  menambahkan, ESC merupakan teknologi anti-selip, yang dapat meningkatkan keamanan dan mencegah kecelakaan fatal terjadi. Teknologi ini dianggap sebagai fitur keselamatan penting setelah sabuk pengaman.

ESC sudah wajib disematkan pada kendaraan roda empat, baik di Eroopa dan Amerika sejak 2012, serta diklaim sudah berperan dalam menyelamatkan ribuan nyawa.

Profesor Wong Shaw Voon, Chairman ASEAN NCAP mengatakan, pihaknya terus berusaha untuk berkampanye mengenai komponen keselamatan ini. Bukan hanya di Malaysia, tetapi di wilayah ASEAN lainnya.

"Kami sangat senang bahwa pemerintah Malaysia telah mengambil langkah ini. ESC akan menyelamatkan ribuan nyawa di Malaysia.  ASEAN NCAP bakal mendesak negara-negara lain di wilayah ASEAN untuk juga mengadopsi teknologi penyelamat nyawa ini," ujar Wong Shaw Voon.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X