Penjualan Toyota Sienta Dianggap Sesuai Harapan

Kompas.com - 01/12/2016, 08:22 WIB
Nisye Veronica bersama Toyota Sienta Setyo Adi/KompasOtomotifNisye Veronica bersama Toyota Sienta
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Dipasarkan sejak Juli 2016 lalu, model multi purpose vehicle medium, Toyota Sienta, pencapaiannya dianggap sudah sesuai ekspektasi. Sampai Oktober 2016, penjualan Sienta mencapai 8.000 unit sampai 9.000 unit.

“Sampai saat ini jualan Sienta rata-rata sekitar 2.200 sampai 2.500 unit, dari sejak launching sudah sekitar 8.000-9.000 totalnya. Sejauh ini performanya masih sesuai dengan yang diharapkan,” ujar Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager Marketing TAM, Rabu (30/11/2016).

Soerjopranoto menambahkan, pangsa pasar Sienta saat ini mencapai angka 7 sampai 8 persen, di mana jika digabung dengan prestasi Avanza, total market share-nya sampai 50 persen. “Itu sudah sangat bagus,” ucap Soerjopranoto.

Padahal, jika kembali mengingat ucapan Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) saat peluncuran April lalu, Sienta ditargetkan terjual 3.500 unit per bulan. Namun, kenyataannya saat ini belum juga tercapai, hanya berkisar 2.000-an.

Setyo Adi Nugroho/KompasOtomotif Devita Mimi Alysa bersama Toyota Sienta

Baca juga : Target Jualan Sienta 3.500 Unit Per Bulan

“Memang target sebetulnya 3.500, tapi kembali lagi, kami tetap harus terus mengedukasi pasar kami di kelas MPV, terkait dengan Sienta. Karena mobil ini sliding door, dan kemewahannya lebih ke arah female,” ujar Soerjopranoto.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sampai saat ini, kata Soerjopranoto, Toyota terus melakukan pendekatan dengan beberapa komunitas, seperti Komunitas Yoga, Zumba, sepeda, dan lainnya. “Kami lebih ke arah itu, karena itu Multi Activity Vehicle (MAV) bukan MPV lagi kelasnya. Jadi orang bisa melakukan apa saja dengan kendaraaan tersebut, karena luas bagian belakangnya, dan karena itu kami harus mengedukasi pasar. Tahun depan kami akan naikkan penjualan Sienta menjadi 2.500-an,” tutur Soerjopranoto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.