Honda Motor Kejar Status Pengekspor

Kompas.com - 13/11/2016, 10:35 WIB
AHM mulai produksi massal CBR250RR di pabrik Karawang, untuk pasar global, Kamis (3/11/2016). Ghulam N/KompasOtomotifAHM mulai produksi massal CBR250RR di pabrik Karawang, untuk pasar global, Kamis (3/11/2016).
|
EditorAzwar Ferdian

Bogor, KompasOtomotif - Astra Honda Motor (AHM) masih punya performa ekspor yang belum cukup besar. Angkanya cukup jomplang jika dibandingkan dengan penjualan domestiknya. Padahal, Honda memiliki peluang untuk menggenjot penetrasi pasarnya ke luar wilayah Indonesia.

Melihat data Distribusi Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) perioide Januari-September 2016, Honda berhasil mengekspor 42.624 unit, atau menyumbang 20,14 persen. Sementara pesaing terdekatnya Yamaha, berjumlah 126.486 unit, dengan kontribusi 59,77 persen.

Markus Budiman Widihandojo, Director of HR, GA, and IT AHM mengatakan, kalau kesempatan Honda untuk bisa meningkatakn ekspor lumayan terbuka. Salah satunya karena jumlah produksi yang besar.

"Ekspor tentu kami akan coba terus. Kami sebenarnya memiliki keunggulan, terkait produksi yang besar.  Ini akan memberikan keuntungan karena akan bisa memproduksi itu dengan posisi cukup bersaing (harga). Kami semangat bisa makin banyak produk yang dihasilkan," ujar Markus, Jumat (11/11/2016) di Bogor.

"Jadi harapannya, negara lain bisa berpikir, daripada membuat sepeda motor sendiri, lebih baik beli dari Indonesia," ucap Markus. Bukan tidak mungkin, jika ekspor Honda bisa melebihi Yamaha, maka posisi Honda di Indonesia akan semakin sempurna.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X