Bodi Mobil F1 Bakal Lebih Lebar Tahun Depan

Kompas.com - 07/11/2016, 07:02 WIB
Perbedaan dimensi mobil Formula 1 2016 dan 2017. CarscoopsPerbedaan dimensi mobil Formula 1 2016 dan 2017.
|
EditorAgung Kurniawan

Paris, KompasOtomotif - Musim baru dan peraturan baru, jadi kebiasaan yang kerap terjadi di dunia motorsport, khususnya Formula 1. Seperti pada musim 2017 nanti, ada beberapa spesifikasi yang bakal membuat tampilan mobil berubah.

Mengutip Carscoops, Minggu (6/10/2016) bentuk mobil kemungkinan akan menjadi lebih lebar dari musim 2016. Namun, peraturan baru ini kemungkinan besar bisa membuat mobil melaju lebih kencang.

Perbedaan paling mencolok antara 2016 mobil dan musim 2017 adalah ukuran ban. Untuk mengurangi understeer dan lebih menawarkan grip atau traksi ban. Ban depan akan melebar menjadi 305 mm (dari 245mm),  sementara ban belakang akan melebar 405 mm (dari 325 mm).

Seiring dengan itu, pada bagian depan (nose) akan semakin lebar, dari 1.680mm menjadi 1.800 mm. Kemudian sidepods (bagian yang melebar ke samping, di kanan dan kiri kokpit pengemudi) bertambah 20 cm.  Bagian rearwing, juga akan dimodifikasi menjadi lebih lebar dan lebih rendah dari model tahun 2016.

Performa

Mesin yang ada saat ini, performanya akan digenjot, sehingga akan setara dengan mesin mobil V10. Sebelumnya, pada saat memperkenalkan mesin 1.6L V6-powered dengan teknologi turbo, ternyata performanya lebih lambat dari mesin V8 Formula 1. Namun sekarang semakin berkembang.

Para pembuat regulasi seperti FIA, terus mengembangkan diri bagaimana membagun mobil F1 dengan performa tinggi, khususnya untuk tahun depan. Ini akan semakin menantang dan menarik pastinya bagi penonton.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.