Honda Tak Gentar Mobilio Taksi Diserbu Avanza Transmover

Kompas.com - 01/11/2016, 12:42 WIB
Taksi reguler jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) Honda Mobilio yang diluncurkan PT Blue Bird Tbk. Kompas.com/Kurnia Sari AzizaTaksi reguler jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) Honda Mobilio yang diluncurkan PT Blue Bird Tbk.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Sebentar lagi, PT Toyota Astra Motor (TAM) bersiap meluncurkan Avanza Transmover, varian Avanza paling rendah, 1.300 cc, dan hanya dijual khusus untuk taksi. Ada indikasi pergeseran permintaan dari sedan ke low MPV sejak Honda Mobilio berusaha masuk dan dipakai berbagai perusahaan taksi.

Lalu, apakah dengan masuknya serbuan Toyota bikin Honda gentar? Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM) menjawab diplomatis, bahwa pilihan ada sepenuhnya di tangan konsumen.

”Kalau kami selalu berpatokan dari kepuasan dan value for money. Apakah konsep mereka (Avanza Transmover) cost down? Apakah nanti company taxi bakal senang? Saya rasa produk akan berbeda,” kata Jonfis.

Dia pun menegaskan bahwa Honda menganggap mobil yang layak untuk keperluan transportasi adalah seperti Mobilio yang saat ini dipakai untuk taksi berbagai perusahaan. Tidak ada bedanya untuk pemakaian pribadi atau pun dipakai perusahaan taksi.

”Saya belum tahu konspenya nanti seperti apa, kaca pakai (power window) atau engkol. Bisa saja perusahaan (taksi) tutup mata (soal spesifikasi), tapi saya yakin, akan banyak orang yang berpikir bahwa mobil bukan untuk keperluan transportasi saja, tapi ada unsur teknologi dan kenyamanan,” kata Jonfis.

Saat ini, HPM masih mampu menjual Mobilio antara 3.000-5.000 unit sebulan di tengah kompetisi yang makin ketat. Model ini masih mampu menggaet market share 16 persen di segmen low MPV. Dari jumlah itu, 20 persennya terjual untuk digunakan sebagai taksi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X