Simak Karakter Sirkuit Jakabaring untuk MotoGP

Kompas.com - 01/11/2016, 12:21 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

 

Sepang, KompasOtomotif - Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin optimistis untuk bisa membangun Sirkuit di Jakabaring, Palembang.  Ditemui di Sepang, Malaysia, Alex bersama dengan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia Sadikin Aksa, tengah menganalisis sirkuit kebanggaan masyarakat negeri jiran tersebut.

"Kami bawa full team, dan akan mempelajari apa yang ada di Sepang. Jika bagus, kami akan aplikasikan, sementara jika itu kekurangan maka akan kami perbaiki," ujar Alex, Minggu (31/10/2016).

Karakter Sirkuit

Sadikin Aksa menjelaskan, kalau karakter sirkuit yang aka dibangun adalah high speed. Di mana rata-rata kecepatan kendaraan yang akan melaju di angka 171 kmj.

"Setelah desain jadi dan dimasukkan ke hitung-hitungan algoritma Tilke (pembuat desain sirkuit Jakabaring), kecepatannya mencapai 171 kmj, bahkan bisa lebih cepat lagi dari itu. Sementara untuk top speed-nya di angka 305 kmj," ujar Sadikin.

Sadikin melanjutkan, kalau ini nantinya bakal jadi salah satu dari tiga sirkuit berkarakter "high speed" di dunia. Panjang trek sirkuit Palembang ini 4.314 meter, dengan 14  tikungan, lalu trek lurus terpanjang 750 meter, serta trek start/finish sepanjang 540 meter.

"Itu bisa lebih cepat lagi kalau dihitung realisasi nantinya. Itu karena motor semakin hari akan makin berkembang. Ini lebih kencang dari Sepang, dan bakal jadi top three tecepat di dunia, di mana saat ini sirkuit Argentina yang tercepat," ujar Sadikin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.