Kompas.com - 18/10/2016, 08:22 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Generasi ke-10 Honda Civic yang meluncur di Indonesia pada April lalu punya banyak hal baru. Paling gampang dicerna, sekelihatan mata. Sedan kecil ini sekarang didesain tetap menyadur karakteristic Civic namun diterjermahkan kekinian.

Buat awalan, ukuran tubuh Civic sekarang panjang 4.63 m, lebar 2,075 m, dan tinggi 1,416 m. Ketimbang generasi sebelumnya, itu berarti lebih lebar 5 cm namun lebih ceper 2,5 cm. Catatan lain, panjang wheelbase bertambah 3 cm.

Febri Ardani/KompasOtomotif Wajah depan Honda Civic generasi ke-10.
Dari depan, elemen menarik yakni sistem pencahayaan. Bukan hanya fungsional tetapi juga memuaskan estetika. Lampu depan dan sein jadi satu paket, sementara daytime running light di tepi bingkai bagian dalam jadi pemanis.

Semua lampu-lampu itu jenis LED, namun sayangnya belum sampai ke lampu kabut yang ada di bemper. Waktu gelap beda cahayanya jadi kontras, dari atas putih sementara lampu kabut menghasilkan cahaya kuning.

Febri Ardani/KompasOtomotif Bagian gril pada Honda Civic generasi ke-10 berukuran besar dan tebal.
Gril krom ukuran besar jadi identitas Civic, bentuknya mendominasi wajah depan. Ini masalah selera, namun gril sebesar itu bikin bingung jika dianalogikan ke tubuh manusia, kesannya jadi dahi apa malah hidung? Semua tergantung penikmat.

Postur Civic menjurus kupe ketimbang sedan konvensional, atau malah sebenarnya mirip liftback karena punya kaca belakang memanjang. Meski begitu, pintu yang terbuka bagian atas bagasi bukan kaca belakang. Membuka pintu bagasi mudah karena hanya tinggal memencet tombol di kunci remote.

Febri Ardani/KompasOtomotif Bentuk bodi Honda Civic generasi ke-10 menyerupai "liftback" ketimbang sedan konvensional.
Di belakang, lampu mendominasi sudut kanan-kiri bodi. Bentuk lampu rem seperti bumerang. Sama seperti lampu depan, jenisnya juga LED. Kamera mundur ada di dekat pelat nomor, fitur itu satu-satunya pembantu kala parkir, tidak ada sensor jarak.

Febri Ardani/KompasOtomotif Bagian ujung knalpot Honda Civic generasi ke-10 mirip potongan bambu runcing.
Di bagian bawah bemper belakang terdapat dua ujung knalpot. Desainnya agak sedikit janggal, karena terbentuk seperti potongan ujung bambu runcing. Kalau dipandang dari samping kelihatan seperti tempelan, padahal keduanya berfungsi.

Pelek 17 inci melengkapi penampilan, ibarat 4 sehat 5 sempurna. Keempat kakinya dilingkari ban Bridgestone ukuran 215/50.

Civic terbaru dijual Rp 475,5 juta atau jika mau beda dari standar Honda Prospect Motor juga menawarkan varian Prestige yang dijual Rp 3 juta lebih maha. Bedanya Prestige pakai bodi kit minimalis pada tepi bemper depan dan belakang serta side skirt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.