Ford Tunjuk Pihak Asing, Diler Kecewa Berat

Kompas.com - 12/10/2016, 15:51 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Pengumuman resmi pelimpahan tanggung jawab layanan purna jual mobil Ford pasca hengkangnya PT Ford Motor Indonesia (FMI) bisa jadi bikin lega konsumen.

Namun bagi diler-diler resmi yang selama ini menjadi mitra, ditunjuknya RMA Group dari Thailand untuk membereskan semua tanggung jawab yang tersisa justru bikin ”sayatan luka” makin menganga.

Kuasa hukum 31 diler Ford di Indonesia Harry Ponto mengatakan bahwa langkah yang diambil Ford Motor Company (FMC) ini menunjukkan betapa para mitra merek di Indonesia harus berhati-hati dengan asing.

”Seharusnya kan yang jadi prioritas adalah mereka yang membesarkan nama Ford di Indonesia. Sekarang ditinggalkan begitu saja dan menunjuk pihak ketiga. Itulah karakter mereka dalam berbisnis,” ucap Harry kepada KompasOtomotif, (12/10/2016).

Memang, lanjut Harry, menunjuk penanggung jawab baru itu adalah hak FMC. Dirinya mewakili para diler Ford di Indonesia harus menghormati hak itu. Namun, selanjutnya, bakal ada langkah signifikan sebagai bentuk dari protes para diler untuk FMC.

”Setelah sekian lama bekerjasa, lalu dibuang begitu saja. Diler-diler tidak tahu menahu tentang penunjukan RMA, tidak diajak bicara. Ini yang akan kami jadikan bahan untuk konsolidasi lebih lanjut,” ucap Harry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.