Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelajari Gejala Kaki-kaki Mobil Bermasalah

Kompas.com - 28/09/2016, 18:22 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Kondisi kaki-kaki mobil yang tak stabil menjadi hal yang lumrah pada pemakaian di dalam kota. Tak jarang, beberapa komponen mengalami kerusakan, atau paling tidak, mengalami gejala aneh yang membuat laju menjadi tak stabil.

Imam, ahli kaki-kaki mobil Jaya Per di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, mengatakan kepada KompasOtomotif belum lama ini bahwa tak semua gejala aneh pada kaki-kaki harus ditebus dengan penggantian komponen.

”Kadang posisi ban berubah, atau kestabilan dan balancing kurang. Kalau yang seperti ini, cukup di-spooring dan balancing,” ujar Imam.

Dia lantas memberikan ciri-ciri kaki-kaki mobil yang harus di-opname di bengkel spooring dan balancing. Berikut beberapa gejalanya:

1. Saat mobil melaju di jalanan datar dan halus, setir dilepas, jalannya tak lagi lurus. Mobil secara pelan atau sporadis belok ke kanan atau ke kiri. Ada kecenderungan setir lebih dominan ke kiri-kanan. Sebelum di-spooring atau balancing, periksa dulu tingkat keausan ban.

2. Saat mobil melaju dengan setir yang kita pastikan sudah lurus, mobil malah belok ke kanan atau kiri, alias berjalan miring. Ini menunjukkan posisi setir tidak central. Coba pastikan lingkar kemudi dalam posisi lurus, dilihat dari logo mereknya.

3. Setir bergetar pada kecepatan tertentu, biasanya mulai terasa di atas 80 kpj. Getaran itu bahkan kadang sampai ke penumpang belakang dengan bunyi-bunyian ban yang tak seimbang.

4. Gejala yang lebih akut, ketika membelokkan mobil, tiba-tiba terasa guncangan, padahal kondisi jalan mulus. Atau, kemudi berbelok, tetapi roda susah mengikuti dan cenderung lurus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com