Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sayangi Anak dengan Memakaikan Helm SNI

Kompas.com - 27/06/2016, 15:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tangerang Selatan, KompasOtomotif – Pembonceng termasuk anak kerap dilupakan soal penggunaan helm di jalan raya. Hal ini membuat berah komunitas pengguna scooter yang tergabung dalam Kutu Community. Mereka menggelar kampanye keselamatan berkendara aman dengan memberikan edukasi pentingnya helm kepada anak-anak.

Agenda itu dilakukan di Perempatan Gaplek, Tangerang Selatan, Sabtu (25/6/2016). Sejumlah helm diberikan kepada anak-anak yang tidak menggunakan helm saat dibonceng oleh orangtuanya.

”Miris sekali melihat orangtua membiarkan anaknya naik motor tidak menggunakan helm. Padahal orangtuanya sendiri memakai helm. Hal inilah yang menjadi perhatian kami.” ujar Sentot Soe, Ketua Kutu Community.

Meski diguyur hujan, aksi simpatik yang didukung oleh Piaggio Indonesia, Helm GM, dan Motrattivo ini berlangsung tertib. Aksi ini melibatkan ratusan member Kutu Se-Jabodetabek bekerjasama dengan aparat kepolisian yang bertugas di Pos Lalu Lintas yang berada di perempatan Gaplek.

Kutu Community Kutu Community membagikan helm gratis untuk anak-anak di jalan raya.
Kampaye dilakukan dengan cara membentangkan spanduk yang berisi slogan pentingnya helm. Saat lampu merah menyala sekitar 15 member membentangkan spanduk tersebut dari tiga sisi yang berbeda.

Sementara itu, edukasi dan pemberian helm anak dilakukan di depan Pos Polisi. Polisi memberhentikan pengendara motor yang membocengi anaknya tanpa menggunakan helm, lalu member Kutu Community memberikan edukasi kepada orangtua, dan memberikan sekaligus memasangkan helm kepada anak.

Setelah melakukan kegiatan sosial, acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama member Kutu Se-Jabodetabek. Kendati berlangsung sederhana dan penuh nuansa kekeluargaan, ajang ini dimanfaatkan sebagai sarana silahturahmi dan tukar pikiran sesama pengguna scooter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com