Kompas.com - 27/05/2016, 11:01 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Michigan, KompasOtomotif – Keseriusan Google bermain di industri otomotif semakin jelas. Setelah mengembangkan mobil dengan teknologi tanpa peran aktif pengemudi (otonomos), kini raksasa internet itu pun resmi mendirikan fasilitas pusat pengembangan “mobil tanpa pengemudi aktif” di Michigan, Amerika Serikat (AS).

Dalam keterangan resmi, Jumat (27/5/2016), tempat tersebut berdiri di atas lahan seluas 53.000 meter persegi Nantinya, akan digunakan untuk menguji kendaraan Google, baik yang dibuat sendiri atau yang kerjasama dengan produsen otomotif lain, seperti Fiat Chrysler Automobile (FCA) belum lama ini.

Baca juga:Google Gandeng FCA Demi Teknologi Otonomos

Selain itu, wilayah Michigan dipilih karena untuk mempermudah segala aktivitas dengan beberapa produsen otomotif yang bermarkas di Detroit. Sebab, selama ini pengembangan mobil Google itu sendiri hanya dilakukan di California, yang jaraknya jauh dari Detroit.

Rencananya, akhir tahun ini semua pengembangan mobil otonomos mulai dilakukan di tempat tersebut. Otomatis, ke depan peluncuran mobil “tanpa pengemudi” Google dan merek lainya bisa lebih cepat dan lancar.

Bahkan, mini van atau kendaraan multi guna (Multi Purpose Vehicle/MPV) Google-FCA ditargetkan bisa dijual untuk umum tahun depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.