Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Patenkan Kap Mobil “Lengket”

Kompas.com - 24/05/2016, 08:07 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

California, KompasOtomotif – Perusahaan teknologi Google, patenkan adhesive bonnet (kap mobil lengket) untuk kendaraan roda empat. Inovasi ini dikembangkan Google dengan  tujuan meringankan cedera, para pejalan kaki yang tertabrak mobil, terutama cedera yang terjadi setelah benturan pertama (benturan kedua).

Nama Google cukup diperhitungkan pada deretan produsen kendaraaan roda empat, setelah menciptakan kendaraan tanpa pengemudi. Mengutip laman Rushlane.com, Senin (23/5/2016),  Google kembali berinovasi di dunia otomotif roda empat, dengan mempatenkan adhesive bonnet miliknya.

Pada dasarnya, konsepnya seperti kertas lengket penangkap lalat atau seperti selotip dua sisi, yang bisa merekatkan objek yang ditabrak (pedestrian), sehingga tidak terpantul dan mengalami luka berlebih. Karena ditujukan untuk menangkap manusia atau binatang besar, sifat kerekatannya harus sangat tinggi.

Rushlane.com Teknologi kap mesin lengket yang dipatenkan Google.

Namun, paten ini masih banyak menimbulkan pertanyaan, pasalnya dengan daya rekat di bagian depan mobil, bagaimana Google mencegah puing-puing atau benda lain yang dilalui untuk tidak  menempel di sana?

Google sudah memiliki jawabannya. Bahan lengket yang ada di bagian depan mobil, ternyata dilindungi oleh lapisan sangat tipis, sehingga akan menghindari benda-benda ringan untuk menempel. Namun ketika menabrak manusia atau binatang (heavy object) lapisan pelindung bisa langsung rusak dan objek yang ditabrak bisa menempel di kap mobil.

Teknologi ini memang belum diuji coba, tetapi Google nampak serius untuk membuatnya jadi kenyataan, salah satunya dengan mematenkannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com