Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Otonomos Google Distop Polisi

Kompas.com - 15/11/2015, 09:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

California, KompasOtomotif – Selama pengujian di jalan umum, mobil otonomos Google hanya boleh berjalan 39 kpj (24 mph) sesuai regulasi. Tapi hal itu jadi masalah ketika rute yang dipilih melewati area 56 kpj (35 mph) di Mountain View, California, Amerika Serikat.

Salah satu anggota Kepolisian Mountain View memergoki kejadian itu. Awalnya ia menyadari terjadi antrean mobil yang berjalan lambat di area 35 mph. Setelah ditelurusi ternyata penyebabnya mobil otonomos berjalan lambat di depan.

Mobil Google itu akhirnya berhasil ditepikan, lantas operatornya ditanyai. Foto kejadian ini berhasil diabadikan dan menjadi viral di internet, Jumat (13/11/2015).

Tidak ada pilihan buat operator selain mematuhi regulasi 24 mph, sang polisi juga tidak bisa menemukan kesalahan. Lantas operatornya dibebaskan tanpa ditilang.

“Dalam kasus ini, sah buat mobil itu untuk bepergian di jalan seperti El Camino Real yang menetapkan 35 mph,” tulis Mountain View Police Department dalam blog.

Sementara itu Google juga mengeluarkan pernyataan resmi. “Kami telah membatasi kecepatan prototipe kami 25 mph untuk alasan keamanan. Kami mau unit itu terasa ramah dan mudah dijangkau, daripada menakuti di jalan-jalan."

"Seperti petugas itu, orang kadang mendekat saat mereka  mau tahu lebih jauh tentang proyek kami. Setelah 1.2 juta mil berjalan otonomos (sama dengan 90 tahun pengalaman mengemudi manusia), kami bangga mengatakan tidak pernah sekalipun ditilang!”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com