Kompas.com - 29/04/2016, 18:57 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Cibitung, KompasOtomotif – Cita-cita Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang menginginkan ada “Indonesia Automotive Institute” (IAI) akhirtnya tercapai. Rencananya, pada 20 Mei 2016, Institut Otomotif Indonesia itu akan diresmikan.

“Kita akan resmikan Institut Otomotif Indonesia itu di Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI), Cempaka Putih, Jakarta Pusat, pada 20 Mei,” kata I Made Dana Tangkas, Ketua Pengembangan Industri Otomotif Gaikindo, di acara Focus Group Discussion (FGD) di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (29/4/2016).

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Tetap Industri Logam, Manufaktur, Alat Transportasi, dan Elektronik Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), menjelaskan, institute tersebut sifatnya organisasi dan di dalamnya pakar-pakar otomotif yang sudah tidak bekerja lagi di merek mobil.

Sebab, fungsinya untuk mengembangkan kebijakan industri otomotif, memberikan masukan kepada industri, serta memberikan edukasi serta pelatihan otomotif.

“Bisa sekaligus membentuk Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), sertifikasi terhadap kompetensi otomotif dari berbagai perusahaan di Indonesia. Paling penting adalah ikut mengembangkan teknologi, technical center terhadap kegiatan otomotif di Indonesia,” ujar Made.

Donny Apriliananda/KompasOtomotif Toyota investasi triliunan rupiah untuk produksi Fortuner dan Innova.

Dukungan Pemerintah

Made, yang juga menjabat sebagai Direktor Korporasi dan Hubungan Eksternal Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), melanjutkan, pemerintah juga harus mendukung. Sebab, langkah ini bisa mendorong mengembangkan industri otomotif nasional.

“Semuanya diharapkan saling bersinergi. Karena institute tersebut merupakan lembaga independen yang akan didukung pemerintah. Kalau di negara lain juga sama mendapat dukungan pemerintah. Kita pun berharap seperti itu,” ujar Made.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.