Pembuktian Kedua Seputar Jok Baris Ketiga Toyota Sienta

Kompas.com - 12/04/2016, 20:34 WIB
Duduk di baris kedua Toyota Sienta Aditya Maulana, KompasOtomotifDuduk di baris kedua Toyota Sienta
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Masih ingat dengan pembahasan mengenai jok baris ketiga Toyota Sienta yang sempit? Berdasarkan masukan dari para pembaca yang berkomentar, beberapa di antaranya meminta untuk mencoba ulang. Untuk memenuhi keinginan ini, maka KompasOtomotif  kembali melakukannya.

Kali ini, pengujian dilakukan oleh tim redaksi KompasOtomotif, di booth Toyota di IIMS 2016, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (12/4/2016). Namun kali ini tersaji dalam video, dan bisa dilihat langsung sebagai bukti.

Pertama, semua jok diatur dalam posisi standar dan mencoba duduk mulai dari bangku pengemudi,jok baris kedua hingga ketiga.

Ghulam - KompasOtomotif Duduk di jok baris kedua Toyota Sienta

Penumpang yang duduk di jok penumpang dan baris kedua memiliki tinggi badan 170 cm, sedangkan di ketiga 178 cm. Di tempat duduk sopir tidak ada masalah, begitu juga baris kedua, legroom dan headroom cukup lapang.

Sementara di jok baris ketiga, hasilnya tetap sempit atau tidak ada jarak antara lutut dengan bangku di depan dan posisi duduk kurang nyaman.

Setelah itu, jok baris kedua coba di geser kedepan sampai mentok, hasilnya ada ruang namun tidak besar hanya setebal satu telapak tangan orang dewasa atau kira-kira 1 hingga 2 cm.

Bagaimana dengan penumpang di baris kedua? Hasilnya tetap lapang. Namun ketika pergi dengan menempuh perjalanan lebih dari satu jam, tidak akan nyaman, kenapa? Karena sandarannya masih dalam keadaan tegak.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Posisi duduk di baris ketiga Toyota Sienta.

Lain cerita jika sandarannya sedikit direbahkan satu tahap. Penumpang baris kedua menjadi lebih nyaman, tetapi yang ada di baris ketiga kembali sempit karena sandarannya menyentuh lutut.

Sekarang bicara headroom, hasilnya tidak ada perbedaan dengan pengujian saat pertama kali. Duduk di belakang paling kanan, kepala akan menyentuh atap kabin, karena ada tempat penyimpanan isofix atau untuk memasang car seat balita.

Febri Ardani/KompasOtomotif Buat penumpang setinggi 178 cm, duduk di baris ketiga rasanya sempit, apalagi bila duduk di jok sebelah kanan. Ruang kepala terpangkas karena posisi sabuk pengaman untuk penumpang tengah di jok baris kedua ada di plafon.

Lantas, kesimpulannya adalah untuk penumpang dengan tinggi badan di atas 170 cm dan duduk di jok baris ketiga tidak akan merasakan kenyamanan yang maksimal, sebab posisi duduk menjadi tidak nyaman. Legroom sempit dan sandarannya terlalu tegak.

Tetapi, jika yang duduk di baris ketiga tingginya kurang dari 170 cm akan lebih nyaman. Sementara di jok baris pertama dan kedua tidak ada masalah, penumpang depan dan tengah tetap bisa mendapatkan kenyamanan yang cukup baik.

Mau tahu hasil pengujiannya lebih jelas? simak video di bawah ini:

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X