Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

50 Konglomerat Dunia Rebutan Sedan Mewah di Atas Rp 5 M

Kompas.com - 01/04/2016, 16:39 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pecinta Rolls-Royce Phantom di seluruh penjuru dunia mungkin sedang bersedih hati. Sebab, Phantom generasi ketujuh yang hadir pada 2003 silam itu akan diberhentikan produksinya mulai November 2016 ini.

Sebagai gantinya, merek asal Goodwood, Inggris itu tengah menyiapkan Phantom edisi terakhir. Jumlahnya terbatas, yakni hanya 50, namun semuanya sudah ludes dipesan konglomerat di seluruh dunia. Estimasi harganya sebesar 400.000 dollar AS atau setara dengan Rp 5,26 miliar. Harga tersebut belum termasuk pajak.

Hal Serudin, Corporate Communication Manager Asia Pacific Rolls-Royce Motors Cars, mengungkapkan, edisi terakhir itu bernama Phantom Zenith Collection. Namun, statusnya sudah habis terjual. Namun, ia tidak mau menyebutkan siapa saja pembelinya.

Rolls-Royce Rolls-Royce Phantom 2013.

“Phantom merupakan model yang memiliki sejarah cukup panjang. Versi terakhir itu hadir dengan model coupe dan drophead coupe, namun semuanya sudah laku terjual,” ungkap pria asal Brunei Darussalam itu di Jakarta, Kamis (31/3/2016).

Sesuai dengan namanya, Phantom edisi pamungkas ini akan dibuat lebih dari segala-galanya. Pembelinya sudah pasti selain konglomerat juga para kolektor, sebab, model ini tidak akan diproduksi lagi dan suatu saat nanti, harganya bisa melambung tinggi.

Pensiunnya Phantom bisa jadi karena rasionalisasi Rolls-Royce. Pasalnya buat konsumen yang mau tipe coupe sudah tersedia Ghost dan Wraith, sementara Dawn yang baru saja diluncurkan mengadopsi bodi convertible.

Versi Phantom yang lain dengan long wheelbase, Phantom Limousine, juga mengalami nasib yang sama. Phantom generasi ke tujuh selama ini diproduksi selama 13 tahun di pabrik Rolls-Royce di Goodwood, Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com