Mazda New BT-50 Meluncur di Indonesia Sebentar Lagi

Kompas.com - 19/03/2016, 10:21 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Bandung, KompasOtomotif – Penjualan pikap kabin ganda BT-50 terus menyurut sejak Mazda Motor Indonesia (MMI) bergeser lebih banyak menawarkan mobil-mobil penumpang. Kendati bukan lagi andalan penjualan, MMI menegaskan masih menawarkan satu-satunya model komersial itu.

Dipantau dari data wholesales Gaikindo, tren penyusutan penjualan BT-50 memuncak pada tahun ini. Sampai dua bulan pertama 2016 tidak ada satupun unit yang terjual.

Ditelisik ke belakang, pada 2015, BT-50 cuma laku 13 unit. Jauh turun dari 2014 yang mencapai 145 unit, dan menyentuh 703 unit pada 2013.

Senior Marketing Manager MMI Astrid Ariani Wijana menjelaskan bahkan pada 2009, BT-50 mewakili 60 persen total penjualan Mazda. BT-50 semakin tertinggal sejak kedatangan SUV CX-5 yang lebih digemari.

Sejak tahun lalu, BT-50 dijual tanpa stok unit. Artinya pemesanan terbatas hanya berdasarkan perjanjian dengan perusahaan fleet yang selama ini jadi peminat terbesar.

“Dari dulu memang BT-50 bukan jadi komunikasi Mazda. Kami ini memang mobil penumpang. Ini bagian dari strategi karena kita hadir sebagai pembeda dari merek Jepang lainnya,” ujar Astrid di Bandung, Jumat (18/3/2016).

New BT-50

Astrid mengatakan konsumen pemesan BT-50 tahun ini bakal mendapatkan model facelift yang sudah diproduksi di Thailand sejak Juli 2015. Dikatakan MMI sekarang sedang melakukan persiapan peluncuran seperti membuat brosur baru BT-50 yang rencananya selesai pada akhir Maret ini.

Diungkapkan juga BT-50 bakal meluncur di atas kertas seperti yang sudah MMI lakukan pada facelift VX-1. Namun tidak disebut jadwal peluncurannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.