Kompas.com - 08/03/2016, 16:57 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif
– Pasar kendaraan komersial 2015 benar-benar terpukul mundur dengan penurunan 31 persen dari total kategori 2 (light duty truck) dan kategori 3 (medium duty truck). Meski begitu, Hino berhasil keluar dari masa sulit dengan meningkatkan market sharepada setiap kategori.

Sepanjang 2015, diakui Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI), menjadi tahun yang sangat berat. Meski market share pada kategori dua dan tiga naik tipis, namun secara penjualan total tetap turun, meski tak sebesar penurunan pasar, yakni 25 persen.

”Penurunan cukup besar secara market (kendaraan niaga) tahun lalu (2015), hampir sepertiga dari tahun sebelumnya. Tapi secara keseluruhan, kami bertahan dengan banyaknya produk baru yang memberikan pilihan,” kata Santiko dalam media gathering 2016 di Jakarta, Selasa (8/3/2016).

Berkat tulang punggung New Generation Ranger, HMSI berhasil mempertahankan segmen kategori 3 (medium duty truck). Market share naik sekitar 1 persen dengan penjualan total 10.865 unit. Hino memimpin di segmen ini dengan pangsa pasar 62 persen.

Donny Apriliananda/KompasOtomotif Jajaran direksi HMSI.

Semua lesu

Sektor pertambangan yang lesu, lemahnya pertumbuhan eknonomi global, menurut Santiko berdampak pada melemahnya perekonomian Indonesia. Akibatnya, daya beli menurun. Inilah yang berimbas terhadap pasar kendaraan komersial.

”Para pebisnis yang merupakan konsumen di segmen kendaraan komersial cenderung menunda pembelian kendaraan. Pada akhirnya, penurunan angka penjualan di pasar kendaraan komersil tak dapat dihindari,” ucap Santiko.

Kendati demikian, HMSI berharap tahun ini pasar kembali pulih, meski di awal tahun, kondisinya masih belum begitu baik. Hino menyiapkan berbagai strategi sambil berharap pada efek pembangunaninfrastruktur yang dilakukan pemerintah.

   
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.