Aki “All New” Honda CBR150R Diklaim Lebih Hemat dari Sebelumnya

Kompas.com - 18/02/2016, 17:13 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Bogor, KompasOtomotif – Ubahan yang dilakukan PT Astra Honda Motor (AHM) pada All New Honda CBR150R cukup signifikan. Tak hanya dari sisi tampilan, dan performa mesin, tetapi hingga masalah kelistrikan yang diklaim lebih kecil sehingga bisa menghemat aki dibandingkan dengan model sebelumnya.

Pernyataan itu diungkapkan langsung oleh Endro Sutarno, Instruktur Technical Service Division, di sela-sela acara test ride All New Honda CBR150R di Sirkuit Karting Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (18/2/2016).

“Kelistrikan di All New Honda CBR150R lebih kecil, otomatis akinya juga bisa lebih hemat. Bisa lebih dari satu tahun kalau motor sering digunakan setiap hari,” ujar Endro, Kamis (18/2/2016).

Aditya Maulana, KompasOtomotif Mesin All New Honda CBR150R

Pengeluaran dari sisi kelistrikan lebih kecil, kata Endro karena penggunaan lampu sudah LED dan dayanya juga jauh lebih kecil dibanding model sebelumnya. Menurutnya itu merupakan salah satu faktor utama aki bisa lebih hemat.

“Contohnya, model lama ketika menggunakan lampu low dayanya hanya 35 watt, sedangkan yang sekarang hanya 11,4 watt dan kalau pakai lampu high 14,4 watt. Begitu juga dengan lampu sein yang sekarang hanya 2,5 watt, sebelumnya 21 watt,” ungkap Endro.

Sepeda motor sport full fairing ini, menggunakan sistem pengapian full transistorized, tipe aki MF Wet 12V 5Ah dan busi NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9. Model sebelumnya tipe akinya MF 12V-5Ah, pengapian full transistorized dan busi NGK CPR9EA-9/ ND U27EPR-N9.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.