Ubahan Kabin pada "All-New" Pajero Sport

Kompas.com - 11/01/2016, 10:22 WIB
Nuansa kabin Mitsubishi All-New Pajero Sport. Febri Ardani/KompasOtomotifNuansa kabin Mitsubishi All-New Pajero Sport.
|
EditorAgung Kurniawan

Tokyo, KompasOtomotif – Sebagian besar ubahan generasi ketiga Pajero Sport sudah diulas sebelumnya. Kini yang akan dibahas lebih detail adalah bagian interior termasuk impresi sebagai penumpang.

KompasOtomotif sempat berdekatan langsung dengan All-New Pajero Sport ketika diundang Krama Yudha Tiga Berlian Motors ke sirkuit off-road dengan pemandangan Gunung Fuji, Fujigane Offroad Park, di Prefektur Yamanashi, Jepang, Oktober 2015. Sebelum mulai berkendara, hal yang pertama dilakukan yakni mengamati sejauh mana modernitas perubahan interior.

Febri Ardani/KompasOtomotif Detail interior Mitsubishi All-New Pajero Sport.
Semua baru

Unit yang dijajal varian teratas, 4WD bermesin baru 4N15 4-silinder 2.4L MIVEC turbo dengan transmisi pertama yang pernah digunakan Mitsubishi, otomatis 8-percepatan. Operasional kini semakin mudah dan berkesan canggih sebab menyalakan mesin sekarang keyless jadi hanya tinggal pencet.

Masuk ke kabin nuansanya beda dibanding model lama. Kini auranya lebih elegan karena warna interior dikemas dengan paduan warna hitam dan aksen kayu dan metallic.

Febri Ardani/KompasOtomotif Kemudi Mitsubishi All-New Pajero Sport desainnya lebih modern dibanding model sebelumnya.
Lingkar kemudi terasa menebal, bagus buat menambah kepercayaan diri pengemudi. Pemandangan dari hadapan pengemudi, tombol-tombol pengatur cruise control di sebelah kanan dan audio di sebelah kiri. Di belakang kemudi terdapat paddle shift yang memudahkan penggantian gigi.

Febri Ardani/KompasOtomotif Suasana jok baris pertama pada kabin Mitsubishi All-New Pajero Sport,
Tidak sulit menemukan posisi duduk enak di bangku pengemudi. Pengaturan ketinggian dan maju-mundur sudah elektrik serta kemudi bisa naik-turun.

Febri Ardani/KompasOtomotif "Instrument cluster" pada generasi ketiga Mitsubishi Pajero Sport menggabungkan analog dan digital.
Instrument cluster kini kombinasi analog dan digital, terlihat jelas karena warnanya kontras. Banyak informasi tersedia, seperti pilihan mode berkendara, konsumsi bahan bakar, sisa km tempuh berdasarkan bahan bakar, indikator mengemudi “ECO”, dan pilihan mode 4WD.

Febri Ardani/KompasOtomotif Tombol pengaturan fitur Super Select 4WD-II.
Konsol tengah berubah drastis dibanding generasi kedua. Pengaturan sistem gerak tidak lagi menggunakan tuas tapi diganti tombol putar, dengan begitu posisi tuas transmisi bisa pas berada di tengah.

Selain itu di konsol tengah juga ada tombol buat hill start assist dan hill descent control serta rem parkir yang kini menggunakan tombol.

Febri Ardani/KompasOtomotif Layar monitor 9 inci di plafon Mitsubishi All-New Pajero Sport buat penumpang baris kedua dan ketiga.
Terdapat dua layar di kabin, yakni headunit 7 inci dan monitor 9 inci pada plafon untuk penumpang di baris kedua dan ketiga. Selain buat hiburan, headunit juga bisa jadi penampang kamera parkir 360° yang aktif bila masuk gigi mundur. Ada empat kamera yang mendukung fitur tersebut. 

Febri Ardani/KompasOtomotif Ruang kaki pada baris ketiga Mitsubishi All-New Pajero Sport.
Satu-satunya yang berubah dari unsur dimensi bodi yaitu panjang. Dibanding generasi sebelumnya Pajero Sport terbaru memanjang 90 mm. Jarak poros roda juga tidak berubah 2,8 m, total ruang kaki penumpang dari baris pertama hingga ketiga yaitu 2,585 m. Itu artinya ruang kaki cukup lega hingga baris ketiga.
Febri Ardani/KompasOtomotif Bagasi Mitsubishi All-New Pajero Sport.
Mitsubishi Motors Corporation Mitsubishi All-New Pajero Sport.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X