Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah Kaprah tentang "Hidup" Mitsubishi Pajero

Kompas.com - 15/12/2015, 18:59 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – CEO & Chairman Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Osamu Masuko membeberkan gambaran strategi bisnis perusahaan pada masa yang akan datang.

Seperti dilansir Autonews belum lama ini, paling krusial adalah mengganti arah pengembangan produk ke model compact SUV yang saat ini sangat kuat buat Mitsubishi. Di antaranya, menyiapkan small crossover, mengisi slot antara Outlander dan Outlander Sport.

Dalam wawancara dengan orang nomor satu Mitsubishi itu, terungkap juga bahwa perusahaan tidak ada rencana menyiapkan model baru SUV Pajero. Begitu juga dengan sedan yang saat ini sedang di-hold untuk menjadi penerus Lancer dan Galant.

Terkait dengan hal ini, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) memberikan klarifikasi. Distributor mobil Mitsubishi di Indonesia itu telah mengkonfirmasikan pernyataan Masuko San kepada MMC.

Dikatakan bahwa Mitsubishi Motors berencana melakukan peningkatan serta terus memasarkan model Pajero/ Montero. Saat ini, Pajero/ Montero masih dipelajari terkait dengan posisinya di dalam jajaran produk MMC di masa mendatang.

”Kami ingin menegaskan bahwa MMC tidak mengurangi bisnisnya terkait dengan isu produk ini, namun mengalokasikan sumber daya untuk berkonsentrasi pada pengembangan compact-SUV dan crossover. Kedua model telah menjadi tren di pasar dunia karena stabilitas, durabilitas, serta cocok beroperasi di berbagai medan,” begitu bunyi pernyataan resmi KTB.

Pajero dan Pajero Sport
Artikel Autonews tersebut telah disadur dan dipublikasikan oleh beberapa media massa Indonesia dengan berbagai macam judul.

KTB memberikan klarifikasi ini agar tidak terjadi kesalahpahaman, dan menyatakan bahwa Pajero yang disebutkan adalah Pajero yang dikenal sebagai Pajero Super Exceed 3.8L di Indonesia. Mobil ini diproduksi di Jepang dan tidak lagi dipasarkan di Indonesia.

Sementara di Indonesia, KTB memasarkan Sport Utility SUV bernama Pajero Sport, yang teknologinya diturunkan dari sejarah Pajero. Pajero Sport merupakan produk utama dan strategis dari MMC untuk pasar dunia, demikian pula untuk Indonesia.

KTB sedang mempersiapkan peluncuran All New Pajero Sport di kuartal pertama 2016. Hal ini sejalan dengan rencana bisnis global MMC yang akan fokus ke pengembangan kendaraan SUV dan Crossover di masa mendatang.

”Dengan klarifikasi ini, kami berharap bisa mendapatkan pemberitaan yang lebih kondusif dari media massa Indonesia, untuk mendukung segera dimulainya pengoperasian Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI), sebagai pabrik baru, dalam memproduksi Pajero Sport di Indonesia,” tulis KTB dalam pernyataan resmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com