Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kupas Detail All-New Pajero Sport Langsung dari Jepang

Kompas.com - 11/01/2016, 08:06 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Wakil Mitsubishi di dalam negeri, Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), sebenarnya sudah menyiapkan kedatangan All-New Pajero Sport sejak lama. Salah satu bagian aktivitasnya yaitu mengajak perwakilan media asal Indonesia melihat langsung model generasi ketiga itu di Jepang,  Oktober 2015.

KompasOtomotif ikut jadi saksi, namun atas permintaan KTB semua reportase tidak bisa ditayangkan sampai batas yang ditentukan. Setelah beberapa kali berganti jadwal tayang akhirnya hasil peliputan dari Jepang bisa disiarkan pada Januari 2016.

Febri Ardani Pajero Sport V6
Generasi kedua Pajero Sport lahir pada 2008, saat ini peredarannya di seluruh dunia mencapai 400.000 unit. Kemasan generasi ketiga berubah total, hampir tidak ada yang sama dibanding sebelumnya.

Wajah baru All-New Pajero Sport menggunakan ciri khas desain “Dynamic Shield”, desain seperti ini bakal banyak kita jumpai di banyak produk modern Mitsubishi termasuk MPV 7-penumpang buat Indonesia.

Mitsubishi Motors Corporation Mitsubishi All-New Pajero Sport.
Tidak ada sudut kaku, semua lekuk tubuhnya mendukung aerodinamis dan sudah melewati ujian di terowongan angin. Drag coefficient berkurang 13 persen dibanding pendahulunya. Semua tipe All-New Pajero menggunakan penerangan LED serta pelek 18 inci dengan dua pilihan desain.

“Konsepnya sederhana tapi di luar ekspektasi pasar,” kata Koichi Namiki Corporate General Manager Global Pickup Project Promotion Office, Product Projects & Strategy Group Mitsubishi Motors Corporation dalam presentasinya.

Febri Ardani/KompasOtomotif Tampang "dynamic shield" Mitsubishi All-New Pajero Sport.
Dimensi

Perubahan ukuran bodi Pajero Sport baru hanya lebih panjang 90 mm dari model sebelumnya menjadi 4,785 m. Lebar sama 1,815 m dan tinggi pun demikian 1,8 m. Jarak sumbu roda juga tidak berubah, 2,8 m.

Pajero sejatinya tinggal di “dua alam”, aspal dan off-road. Dinilai dari tampang barunya bisa jadi kita menduga mobil ini cuma cocok dibawa “kondangan”, tapi nyatanya spesifikasi membuktikan Pajero baru siap diajak “main lumpur”.

DNA off-road dengan ground clearance setinggi 218 mm tetap dipertahankan. Warisan lain dari model sebelumnya, sudut tanjakan depan (approach angle) 30° dan sudut tanjakan belakang (departure angle) 24°. Sekarang Pajero bisa melewati batas genangan air setinggi 700 mm, lebih tinggi 100 mm dibanding sebelumnya.

Febri Ardani/KompasOtomotif Mesin baru Mitsubishi All-New Pajero Sport, 4N15 4-silinder 2.4L MIVEC turbo bertenaga 178 tk @3.500 rpm dan torsi 430 Nm @2.500 rpm, Terdapat dua pilihan transmisi, manual 6-percepatan dan otomatis 8-percepatan.
Mesin

All-New Pajero Sport punya tiga pilihan mesin, paling baru diesel 4N15 4-silinder 2.4L MIVEC turbo. Olahan dapur pacu menghasilkan 178 tk @3.500 rpm dan torsi 430 Nm @2.500 rpm, distribusi kemampuan ke ban dibantu dua pilihan transmisi, manual 6-percepatan dan otomatis 8-percepatan.

Mesin ini dirancang menyesuaikan standar emisi kendaraan di Eropa. Selain itu, dengan hasil emisi karbon dioksida (CO2) di bawah 200 g/km, mesin 2.4L juga “lolos” dari beban pajak tambahan yang berlaku di Thailand.

Thailand adalah basis produksi All-New Pajero Sport. Negara tujuan ekspornya mencakup 90 negara, termasuk Australia, Asia Tenggara, Timur Tengah, Afrika, Amerika Latin, dan Rusia.

Dua mesin yang digunakan pada model lama tetap tersedia. Diesel 4D56 2.5L bertenaga 134 tk dan torsi 324 Nm dipadankan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 5-percepatan. Sedangkan 6B31 MIVEC V6 3.0L yang menyemburkan 206 tk dan torsi 279 Nm cuma dibekali transmisi otomatis 8-percepatan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com