Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

”Kunci Ganda” yang Masih Dipercaya Sulitkan Maling

Kompas.com - 23/12/2015, 16:30 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Mau secanggih apa alat pengaman ganda pada kendaraan, maling selalu punya cara untuk mengakalinya. Namun setidaknya, dengan memasang ”kunci ganda”, para pencuri harus bersusah payah dulu sebelum menggondol barang incaran.

Itulah sebabnya, tetap saja, aksesori tambahan untuk membuat maling makin susah menggondol kendaraan masih laku. Para pedagang aksesori anti-maling masih meraup untung dari alat-alat itu.

”Dari dulu sampai sekarang, tetap banyak yang cari (aksesori) anti-maling. Memang nggak jamin 100 persen gak bakal hilang. Tapi banyak yang percaya, alat-alat ini menyulitkan,” ucap Supriyanto, pemilik toko aksesori GoGo di Sentra Otomotif Pasar Inpres Duren Sawit, Jakarta Timur, (23/12/2015).

Berikut peranti ”kunci tambahan” atau aksesori anti-maling yang masih laris di pasaran:

1. Kunci Setir dan pedal
Ini aksesori konvensional yang biasa dipasang pada setir mobil atau juga pedal. Biasanya berbentuk batangan baja yang dipasang melintang agar setir tak bisa digerakkan. Di berbagai toko aksesori, dijual dengan harga antara Rp 400.000 hingga Rp 1 juta, bergantung spesifikasi.

2. Alarm Mobil
Banyak penjual alarm mobil, mulai dari yang murmer Rp 150.000 sampai paling canggih dengan harga jutaan rupiah. Tapi ingat, alarm kadang bunyi sendiri dengan sebab yang tidak jelas karena terlalu sensitif. Alhasil, banyak orang tidak peduli alarm berbunyi karena dianggap sudah biasa.

”Tapi tetap ini menjadi salah satu yang masih laris. Ada aja orang yang memasang, karena memang dianggap sebagai kebutuhan,” kata Supriyanto.

3. GPS dan ponsel.
Mobil dilengkapi peralatan khusus yang terhubung dengan satelit. Peranti ini akan memancarkan sinyal ke satelit sehingga posisi mobil bisa dipantau. Paling baru, alat yang bekerja dengan sistem GPS bisa dikendalikan lewat ponsel.

Ketika mobil dibawa lari, pemilik bisa mematikan mobil hanya dengan menelepon atau mengirim pesan. Rata-rata, peranti anti maling GPS ini harganya lebih dari Rp 1 juta hingga yang mahal sampai Rp 5 juta juga ada.

4. Immobilizer
Bisa jadi fitur ini lebih efektif. Itulah kenapa sejumlah mobil baru punya fitur ini yang terhubung langsung dengan kunci kontak. Mekanismenya, bekerja secara elektronik dengan mencocokkan kode kunci dengan kode yang tersimpan dalam Electronic Control Unit (ECU) di mobil. Menggunakan kunci selain kunci asli, mesin mobil tidak akan bisa dihidupkan.

Jika mobil anda tidak dilengkapinya, banyak bengkel ahli kelistrikan yang sanggup memasang sistem yang memutus aliran listrik tertentu. Misalnya, memutus aliran listrik menuju pompa bensin. Karena tidak ada bensin yang mengalir ke ruang bakar, mesin tak akan bisa menyala. Ini bisa dipasang di semua jenis mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com