Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/12/2015, 18:07 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Tahun 2015 segera berlalu dengan penjualan sepeda motor yang diprediksi mencapai 6,5 juta unit. Seperti tahun sebelumnya, segmen sport menjadi yang terpanas, meski jumlah penjualannya tidak sebesar skutik.

Lantas, siapa yang terlaris sepanjang tahun?

KompasOtomotif merangkum sepeda motor tipe sport yang paling banyak dibeli di Indonesia. Acuannya, mengambil data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) sepanjang 11 bulan pertama 2015. Memang masih ada satu bulan sisa, namun perolehan sementara sudah bisa dijadikan patokan.

Dari 5,9 juta unit sepeda motor yang terjual di dalam negeri selama periode Januari-November 2015, segmen sport terjual 674.098 unit, atau meraih 11,31 persen dari total penjualan sepeda motor domestik.

Yamaha New V-Ixion masih bertahan menjadi sepeda motor sport terlaris tahun ini dengan penjualan selama 11 bulan pertama 251.937 unit. Image sepeda motor sport harian dengan desain atraktif masih menjadi salah satu daya pikat.

Di urutan kedua, muncul Honda CB150R Streetfire dengan penjualan 91.823 unit. Tahun ini, andalan Honda untuk mengejar dominasi V-Ixion ini makin merajalela sejak dikeluarkannya model baru. Bahkan penjualan selama dua bulan terakhir sudah menumbangkan sang rival (V-Ixion).

Lalu di posisi ketiga, ada Honda CBR150R rakitan lokal dengan penjualan 63.024 unit. Rupanya strategi PT Astra Honda Motor untuk ”melokalkan” sepeda motor sport ber-fairing yang semula diimpor utuh dari Thailand itu berhasil. Dijual dengan harga yang jauh lebih murah dari sebelumnya, model ini memikat banyak biker.

Menyusul di bawahnya ada Honda Verza. Inilah versi murah sepeda motor sport 150 cc di Indonesia. Model ini bermain sendirian, alias tidak ada pesaing yang mengganggu lajunya. Verza secara total dalam 11 bulan pertama 2015 terjual 61.507 unit.

Melengkapi lima besar adalah wakil Yamaha dengan R15 dengan penjualan 48.189 unit. Salah satu andalan sport Yamaha itu meraih penjualan cukup baik, meski pada akhirnya Honda CBR150R mulai sanggup menyusul.

Berikut peringkat selengkapnya:
1. Yamaha New V-Ixion, 251.937 unit
2. Honda CB150R Streetfire, 91.823 unit
3. Honda CBR150R, 63.024 unit
4. Honda Verza, 61.507 unit
5. Yamaha R15, 48.189 unit

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.