Kompas.com - 11/12/2015, 16:15 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Lausanne, KompasOtomotif – Sebulan setelah berlalunya seri terakhir MotoGP 2015 di Valencia, Valentino Rossi akhirnya mencabut berkas banding ke Court of Arbitration for Sport (CAS) atau Pengadilan Artbitrase Olahraga terkait hukuman tiga poin penalti setelah terjadi insiden di GP Malaysia.

Dalam usaha bandingnya itu, The Doctor mengajukan dua permohonan yang bertujuan agar pebalap Movistar Yamaha tersebut tidak melakukan start di posisi paling buncit saat seri terakhir di Valencia dan masih bisa bersaing merebut gelar juara melawan rekan setim, Jorge Lorenzo.

Permohonan pertama, Rossi meminta hukuman tiga poin penalti dibatalkan, atau setidaknya dikurangi hanya menjadi satu poin penalti. Ya, Rossi sudah mengoleksi satu poin penalti. Jika ditambah tiga, menjadi empat poin penalti, membuat dia harus start dari belakang (bukan pengurangan poin kejuaraan).

Permohonan kedua, mendesak agar keputusan hukuman start dari belakang yang diberikan pengawas lomba dari FIM ditunda, paling tidak sampai CAS menggelar sidang. Permohonan ini sudah ditolak CAS beberapa jam sebelum balapan GP Valencia berlangsung, Minggu (8/11/2015).

Artinya, tinggal satu tuntutan yang akan diproses oleh CAS, yaitu pembatalan tiga poin penalti. Namun, Rossi sudah membuat keputusan untuk menghentikan langkah banding. Gelar juara dunia sudah jatuh di tangan Lorenzo, dan usaha banding untuk membatalkan poin penalti sudah pasti akan sia-sia.

”Mr Rossi sudah mengonfirmasi CAS bahwa dirinya tidak ingin melanjutkan tuntutan. Dengan demikian, proses arbitrase dihentikan dan keputusan FIM dinyatakan terus berjalan,” begitu bunyi pernyataan resmi dari CAS, seperti dikutip Crash, Jumat (10/12/2015).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Crash
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.